Post tindakan ASO apakah berisiko jika ingin hamil lagi?

DK Info Penanya: DK, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok saya mau bertanya seseorang asd bila sdh tindakan Aso krg lbh 1 th , kemungkinan bisa kmbh tdk? apakah beresiko bila ingin punya keturunan lg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, DK

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

ASD atau Atrial Septal Defect merupakan suatu keadaan dimana terjadi kebocoran bilik jantung. Keadaan ini merupkan penyakit jantung bawaan. Dinamakan kebocoran bilik jantung karena dinding yang seharusnya membatasi atrium kiri dan kanan tidak menutup sempurna atau terdapat lubang. 

Operasi ASO (Amplatzer Septal Ocluder) adalah suatu tindakan intervensi non bedah yang di lakukan pada kelainan ASD. Tujuannya untuk mengatasi atau mengobati penyakit jantung bawaan pada kelainan jantung tipe 2 / sekundum.

Kehamilan merupakan suatu proses tumbuh kembangnya janin di dalam rahim sejak terjadinya proses pembuahan hingga persalinan. Kehamilan tidak hanya ditentukan oleh kesehatan janin, namun di tentukan juga dari kesehatan ibu. Pada ibu dengan riwayat penyakit penyerta, tentunya kehamilan yang dialami akan dapat beresiko terhadap diri ibu sendiri maupun bagi janin yang dikandung. 

Saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan dan dokter jantung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diskusi langsung mengenai kondisi kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyakit jantung pada anak, seperti penyakit jantung bawaan, penyakit Kawasaki, dan aterosklerosis

Beberapa Penyakit Jantung pada Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Anda mungkin lebih sering mendengar bahwa penyakit jantung biasanya menyerang orang dewasa. Walau begitu, Anda sebagai orangtua harus waspada karena ada beberapa penyakit jantung pada anak yang membahayakan. Kenali masing-masing gejalanya, agar anak segera mendapatkan pertolongan yang tepat.