Bagaimana menghitung usia kehamilan?

RS Info Penanya: RS, Wanita, 1 Tahun
Dokter saya,mau tanya haid pertama tgl 15 maret 2020.dan selesai tgl 24 april 2020.dan kini tgl 7mei 2020. Pertanyaan saya berapa minggu umur kehamilan saya ya dokter.? Sbb tadi pagi saya ngecek pakai tespek hsl a positip.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RS.

 

Ketika terlambat haid dan melakukan test pack lalu hasilnya positif tentu sangat membuat bahagia bagi pasangan yang telah menanti-nanti kehadiran buah hati. kemudian setelah tau bahwa hamil akan bertanya-tanya berapa usianya lalu sehat atau tidak janinnya. Kondisi ini selalu dialami oleh wanita hamil terutama pada kehamilan pertama.

Untuk menghitung usia kehamilan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu metode kalender dan pemeriksaan USG. untuk perhitungan menggunakan kalender dibutuhkan kondisi siklus haid yang normal. Pada dasarnya tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti kapan seorang wanita berovulasi dan mengandung. Maka periode menstruasi terakhir sebagai acuannya. Namun kekurangannya perhitungan dengan cara ini hanya baik digunakan pada siklus menstruasi teratur dan lama periodenya setiap 28 hari. Sedangkan dengan menggunakan USG biasanya hasil lebih akurat.

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika hari pertama haid terakhir Anda tanggal 15 Maret 2020 maka perkiraan usia kehamilan Anda 7 minggu 5 hari. Untuk lebih memastikannya Anda harus konsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG kandungan ya.

Tips untuk kehamilan :

  1. Makan sehat memperbanyak sayur, buah dan protein (daging, telur, ayam, susu)
  2. Berolahraga seperti yoga, berenang dan jalan kaki.
  3. Mengonsumsi air mineral minimal 2 liter /hari.
  4. Hindari kondisi stres.
  5. Mengonsumsi vitamin kehamilan seperti asam folat, vitamin E hingga kalsium.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum teh saat hamil aman dilakukan asal dalam jumlah yang wajar

Minum Teh Saat Hamil, Aman atau Tidak? Ketahui Penjelasannya

Sebagian ibu hamil merasa ragu untuk minum teh karena khawatir akan memengaruhi kandungannya. Namun, minum teh saat hamil umumnya aman dilakukan asalkan dalam jumlah wajar.