Apakah penyebab flek pada kehamilan?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 25 Tahun
Assalamualaikum dokter. Aku kan harusnya tgl 21 itu haid pertama, nah pas tgl 20 aku ngeflek udah gitu ilang, gak ada lagi. Pas tgl 23 nya aku coba testpack trus positif dok, malemnya aku langsung ke rumah sakit untuk USG, kata dokternya emang ada, tapi kecil bgt, harus tunggu 2 minggu lagi. Dan aku dikasih obat penguat kandungan aspilets.Tapi sekarang tanggal 25 aku malah ngeflek lagi, aku testpack lagi masih positif. Itu kenapa ya dok ? Aku takut kenapa kenapa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan adalah kondisi yang dinantikan oleh mayoritas dari pasangan suami istri. Terlambatnya siklus haid salah satunya memang disebabkan karena adanya kehamilan. Munculnya perdarahan berupa bercak atau sering disebut dengan istilah flek pada saat kehamilan bisa merupakan suatu kondisi yang wajar, ataupun bisa merupakan keadaan yang perlu diwaspadai dan dapat membahayakan baik kesehatan ibu maupun kesehatan janin. Karena, usia kehamilan trimester pertama, adalah waktu yang sangat rentan untuk terjadinya keguguran. 

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan flek saat sedang hamil adalah:

  • Adanya perdarahan implantasi, yaitu perdarahan pada awal kehamilan sebagai tanda menempelnya calon janin pada rahim
  • Adanya perubahan hormonal karena kehanilan
  • Terjadi keguguran
  • Adanya kehamilan diluar kandungan (ektopik)
  • Adanya iritasi pada leher rahim
  • Adanya penyakit molahidatidosa atau kehamilan anggur
  • Adanya masalah lain pada organ reproduksi wanita

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, keluhan flek yang pertamakali Anda rasakan kemungkinan bisa disebabkan pleh adanya perdarahan implantasi. Namun, untuk flek yang timbul saat ini perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. Oleh sebab itu, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Beberapa saran yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melakukan istirahat tirah baring, hindari stres dan kelelahan, konsumsi makan yang bergizi, hindari mengonsumsi kopi / alkohol, hindari merokok, lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar, cukupi kebutuhan cairan harian Anda dan beristirahat dengan cukup.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berhubungan saat hamil 5 bulan aman

Berhubungan Saat Hamil 5 Bulan Bahayakah?

Di usia berapa pun kehamilan, sebenarnya berhubungan seksual dengan pasangan adalah hal yang tidak dilarang. Bahkan ketika memasuki trimester ketiga atau akhir, berhubungan seksual bisa menjadi salah satu metode induksi alami. Bagaimana dengan berhubungan saat hamil 5 bulan, bahayakah? Tentu tidak.