Positif hamil tetapi keluar darah, apakah masih hamil ?

NW Info Penanya: NW, Wanita
Selamat pagi Dok,, sy mau bertanya. Sy, telat haid 1 bulan lbh 1 mnggu dok. Nah,,, sy sdh periksa ke bidan positif hamil dok. Tp,,, sy sekarang keluar darah dok,, apakah sy masih positif hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NW.

Positif hamil umumnya merupakan kesimpulan yang di dapatkan melalui pemeriksaan baik secara sederhana seperti test pack maupun pemeriksaan lanjutan seperti USG. Pada usia kehamilan lanjut, pemeriksaan kehamilan dapat pula dilakukan dengan pemeriksaan fisik oleh tenaga kesehatan ahli. Namun pada awal kehamilan umumnya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan alat pemeriksaan bantuan.

Alat pemeriksaan bantuan yang paling sederhana adalah test pack. Cara kerjanya ialah mendeteksi keberadaan hormon kehamilan (human chorionic gonadotropin/hCG) yang  kadarnya di dalam tubuh sudah cukup signifikan. Test pack sendiri dinilai cukup efektif dan akurat. Namun terkadang terdapat berbagai hal yang dapat mempengaruhi hasilnya, seperti kesalahan waktu atau cara penggunaanya. Ada pula berbagai keadaan seperti gangguan kehamilan yang bisa membuat hasil test pack positif palsu. 

Mengenai keluhan keluar darah atau perdarahan yang Anda alami, terlebih dahulu perlu diketahui seberapa banyak perkiraan volume darah yang keluar tersebut. Sejatinya, pada awal kehamilan, dapat terjadi perdarahan yang normal dan disebut dengan perdarahan implantasi, yang jumlahnya hanya sedikit atau hanya berupa flek. Akan tetapi jika perdarahan yang dialami berjumlah banyak tentunya perlu diwaspadai karena dapat berupa perdarahan keguguran atau gangguan kehamilan lainnya.

Maka dari itu, untuk memastikan saat ini Anda masih dalam keadaan hamil atau tidak dan jenis perdarahan apa yang telah terjadi, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit berjerawat adalah mitos hamil anak perempuan

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Cuma Mitos

Katanya ibu hamil yang suka uring-uringan berarti ciri-ciri sedang mengandung bayi perempuan, padahal ini mitos. Jenis kelamin hanya bisa dilihat lewat USG.