05 Jan 2021, 00:24Pernapasan

Positif covid-19, apa yang harus dilakukan?

AS
Info Penanya: AS0
Halo dok. Hri ini hasil test PCR ku keluar. Hasilnya dinyatakan positif dengan CT 27,81 langkah yg hrus aku ambil gmna ya dok? Aku hrus lapor gugus covid dekat rmh atau aku isolasi mandiri aja? Terimakasih.
339 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AS.Hal yang harus dilakukan ketika positif COVID-19 tergantung kepada gejala yang Anda derita. Secara umum, mayoritas penderita COVID-19 akan mengalami demam, batuk kering, berkurangnya fungsi penciuman dan pengecapan, serta sesak napas. Tetapi, gejala ini tidaklah sama pada tiap-tiap individu. Pada mereka yang memiliki kekebalan tubuh kuat, COVID-19 bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali. Sedangkan pada mereka dengan komorbid atau kekebalan tubuh lemah, gejalanya bisa berat dan menyebabkan kematian.Perlu diketahui bahwa nilai CT (cycle threshold) adalah parameter untuk menentukan tinggi rendahnya tingkat virulensi COVID-19 di dalam tubuh. Nilai CT 27,81 menunjukkan bahwa penderita masih dapat menyebarkan infeksi kepada orang lain.

Yang Harus Dilakukan Saat Positif COVID-19

Apabila Anda termasuk seseorang tanpa gejala (yang tetap dapat menularkan orang lain) atau mengalami gejala ringan, Anda disarankan melakukan isolasi. Apabila tempat tinggal Anda cukup luas dan memungkinkan Anda memiliki kamar dan toilet pribadi, maka sila lakukan isolasi mandiri. Sebaliknya, apabila tempat tinggal Anda tidak memungkinkan untuk menjaga jarak dengan anggota keluarga lain, Anda dapat melaporkan kepada gugus COVID atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat tempat isolasi yang lebih sesuai.Apabila Anda termasuk seseorang dengan gejala sedang sampai berat, sebaiknya laporkan segera. Nantinya, Anda akan diarahkan untuk rawat inap di fasilitas kesehatan tertentu yang masih memiliki ketersediaan ruangan. Kondisi Anda akan dipantau dan diberikan obat-obatan yang sesuai.Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa melakukan hal-hal berikut:
  • menggunakan masker dengan benar (menutupi hidung, mulut, dan dagu)
  • mencuci tangan minimal 20 detik di bawah air mengalir
  • menjaga jarak dan menjauhi kerumunan
  • menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup
  • olahraga atau beraktivitas ringan 30 menit per hari
  • cukupi kebutuhan tidur, yaitu 7-9 jam per hari
  • hindari stres dan rasa cemas
  • konsumsi suplementasi apabila dibutuhkan, misalnya vitamin C, D, E, zinc, dan probiotik
Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan keluhan Anda melalui chat dokter. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran pernapasancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil