Posisi plasenta masih dibawah pada usia 4 bulan apa bisa berubah

VA Info Penanya: VA, Wanita, 2019 Tahun
Dokter,sya mau tnya,,,Hamil usia 4 bulan posisi plasenta di bawah masih bisa beeubah posisinya tidak dok,,,Trimakaih,,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VA

Posisi plasenta pada awal kehamilan trimester 1 atau 1-15 minggu dapat berada pada bagian bawah, seiring bertambahnya usia kehamilan dan pertambahan ukuran rahim/uterus maka plasenta akan naik ke atas. Pada posisi plasenta yang tidak bisa berubah setelah akhir trimester 2 (usia kehamilan 28 minggu) atau pada trimester 3 (>28 minggu) maka disebut plasenta letak rendah atau plasenta previa. 

Pada plasenta previa, masalah letak plasenta berada pada segmen bawah rahim sehingga menyebabkan rembesan perdarahan dan tidak bisa terjadi persalinan normal karena menutup jalan lahir, plasenta previa juga dikaitkan dengan resiko persalinan kurang bulan (prematur). Pada wanita dengan plasenta previa marginal yang tidak menutupi segmen serviks jalan rahim sepenuhnya masih bisa lahir normal namun dengan resiko perdarahan. Saat ini pada wanita dengan kondisi plasenta disegmen bawah rahim lebih disarankan untuk menjalani proses persalinan secara operasi sectio cesarea untuk menghindari perdarahan dan gawat janin. 

Biasanya wanita hamil yang telah cukup bulan diatas 37 minggu saat berat badan bayi cukup >2500 gram dengan plasenta previa akan disiapkan untuk operasi SC elektif.

Saya sarankan anda untuk tidak panik jika plasenta berada pada bagian bawah selama usia kehamilan masih pada trimester 1 atau awal trimester 2. Anda wajib melakukan antenatal care dengan dokter kandungan dan kebidanan anda untuk memantau kondisi janin. Tetap mengkonsumsi makan yang bergizi, mengurangi aktivitas fisik, bedrest, menghindari stress, menghindari rokok dan alkohol serta mempersiapkan diri dengan baik untuk persalinan anda. Jika pada akhirnya dokter menyarankan untuk operasi sectio cesarea itu pasti untuk kebaikan anda dan calon buah hati. 

Salam Sehat 

dr. Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil dengan mata minus tetap bisa melahirkan normal

Melahirkan Normal Mata Minus Mustahil Terjadi? Belum Tentu

Melahirkan normal mata minus tidak mustahil terjadi. Ada banyak hal yang menentukan metode persalinan seseorang, dan minus mata bukan satu-satunya patokan.