Polusi udara penyebab kelenjar TB, apakah benar?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Aku punya cowok yang kerjanya di lapangan. Dia sering mengeluh di leher bagian depan, tepatnya di bawah rahang muncul benjolan dok. Dia tidak mengeluhkan adanya rasa sakit sih, hanya saja sekarang-sekarang ada rasa nyeri kalau disentuh. Paling parah bahkan dia bisa menggigil hingga demam. Penyebabnya apa ya, apakah udara, TBC atau hal lain? Mohon bantuannya ya dok, Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Keluhan benjolan di bagian leher depan bisa disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening akibat infeksi biasa atau akibat infeksi menahun seperti pada TBC, atau benjolan lain seperti lipoma, ganglion, dll.

Pada penyakit TBC yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosa yang penularannya melalui udara, maka selain keluhan muncul benjolan di sekitar leher, seringkali disertai dengan batuk lama, penurunan berat badan, sering demam tanpa sebab yang jelas, berkeringat di malam hari, atau sudah makan banyak tapi berat badan tidak bertambah, sesak napas, dll tergantung dari tingkat keparahan TBC nya.

TBC bisa diobati dan disembuhkan namun membutuhkan kepatuhan dalam meminum obat karena minimal harus diminum dalam waktu 6 bulan, dan dapat diperpanjang tergantung pada respon pengobatan.

Yang terpenting adalah gunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, dan lakukan pemeriksaan ke dokter paru. Bila pacar Anda dinyatakan TBC, maka anggota keluarga yang tinggal serumah termasuk Anda, perlu melakukan pemeriksaan ke dokter paru juga untuk memastikan terinfeksi TBC atau tidak sehingga tidak terjadi tular menular diantara satu dengan yang lainnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila batuk berdahak mengganggu pernapasan, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter

Warna Dahak, Sinyal Kondisi Tubuh Anda

Warna dahak menunjukkan kondisi kesehatan yang berbeda. Saat Anda mengalami batuk berdahak, perhatikan warna dahak Anda, apakah hijau, hitam, merah, atau putih.