04 May 2020, 20:03Saraf

Apa makanan yang boleh dikonsumsi penderita neuropati diabetik?

S
Info Penanya: S0
Dok ayah saya punya diabetes, sekarang sakitnya sampai nyeri bagian kaki dan bawah ketiak, keringat berlebihan , sering BAB, saya baca itu sudah dikatakan neoropati diabetik ya dok? Lalu bagaimana pola makan yg harus dijaga yah dok? Dibarengi Obat herbal apakah boleh? Lalu ditambah obat imun seperti suplemen vitamin c apakah boleh?
15449 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, S.Neuropati diabetik adalah salah satu komplikasi dari diabetes melitus (kencing manis), yaitu kerusakan saraf karena gula darah yang terlalu tinggi. Penyakit ini tidak muncul dalam waktu singkat, tetapi membutuhkan waktu. Namun, ketika seseorang sudah terkena, terapi yang diberikan adalah untuk mencegah perburukan, bukan untuk menyembuhkan secara total.Pada saat ini, ada empat jenis neuropati diabetik yang dikenal. Masing-masing jenisnya memiliki gejala yang berbeda-beda, tergantung saraf mana yang mengalami kerusakan. Contoh gejalanya adalah mati rasa, nyeri tungkai, gangguan keseimbangan, atau tidak bisa menahan buang air kecil.Terkait kasus ayah Anda, jika ada gejala-gejala di atas dan memiliki riwayat diabetes maka mungkin saja ayah Anda mengalami neuropati diabetik. Oleh karena itu, pastikan kadar gula darah senantiasa normal dengan mengonsumsi obat dari dokter spesialis penyakit dalam secara teratur. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter Anda apakah boleh meminum obat herbal secara bersamaan.

Sedangkan pola makan bagi penderita neuropati diabetik bertujuan untuk menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah komplikasi lanjutan, yaitu:

  • Hindari asupan karbohidrat simpleks (nasi putih, kentang, roti putih, terigu) dan gantilah dengan karbohidrat kompleks (nasi merah, gandum, quinoa, ubi)
  • Penuhi kebutuhan gizi lainnya, yaitu lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral. Akan lebih baik ayah Anda memenuhi kebutuhan vitamin C dari sayur dan buah seperti kiwi, pepaya, dan jambu, ketimbang mengonsumsi suplemen kimia.
  • Konsumsi kebutuhan cairan yang cukup
  • Hindari mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol
  • Jangan lupa imbangi pola makan sehat dengan bergerak aktif dan menghindari rokok
Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia V
diabeteskomplikasi diabetesmasalah saraf
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil