Pola asuh ideal untuk usia 7-12 tahun (Pendidikan SD)

AI Info Penanya: AI, Wanita, 22 Tahun
Dok ingin bertanya, bagaimana pola asuh ideal yang dapat diterapkan pada anak usia 7-12 tahun?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AI,

Pola asuh adalah salah satu hal penting untuk membentuk karakter dan juga kemampuan anak dalam menyelesaikan atau menyikapi beragam hal. Pola asuh orang tua sendiri pastinya menginginkan yang terbaik untuk anak tetapi tidak jarang pola asuh yang berlebihan atau hyper parenting justru bisa memiliki efek yang kurang baik terutama pada mental anak.

Ada beberapa tipe pola asuh seperti diantaranya:

Setiap pola asuh tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti misalnya pola asuh otoriter atau yang bisa menimbulkan kedisiplinan tetapi bisa mengganggu kesehatan mental anak seperti misalnya anak menjadi kurang percaya diri, kurang bahagia, cenderung depresi, ataupun bisa menimbulkan masalah perilaku jika disertai kekerasan sebagai hukuman.

Pola asuh lain seperti pola asuh permisif sendiri bisa juga memiliki kelebihan dan kekurangan dimana dengan pola asuh ini orang tua bisa berperan menjadi teman bagi anak tetapi anak cenderung kurang disiplin dan bisa sulit menaati peraturan. 

Jadi salah satu yang bisa diterapkan adalah pola asuh otoritatif atau pola asuh yang bisa lebih fleksibel tetapi tetap mendidik disiplin tetapi juga tetap demokratis untuk mencari jalan tengah, tetap memberikan pendidikan anak untuk bisa mandiri menyelesaikan masalah tetapi orang tua juga tetap mengarahkan untuk tindakan yang perlu dilakukan anak untuk mengatasi atau menyikapi permasalahan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika tidak segera ditangani, tumbuh kembang anak akan terganggu akibat hidrosefalus

7 Gangguan Tumbuh Kembang Anak Akibat Hidrosefalus

Hidrosefalus adalah penumpukan cairan CSF di otak. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak dan kerusakan otak jika tidak segera ditangani.