04 Oct 2020, 06:23Kandungan

Apakah pil KB dapat menyebabkan keguguran?

AO
Info Penanya: AO0
Dok, saya mau tanya saya hamil usia 2 minggu, tapi saya masih menggunakan obat kapsul tuntas. apakah bisa menyebabkan keguguran? dan dalam wktu brp hari?
9883 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore AO,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Pil KB adalah salah satu metode alat kontrasepsi yang sering digunakan di Indonesia. Namun bagaimana jika sudah mengkonsumsi obat KB tersebut Anda hamil, mengingat fungsi dari pil KB adalah untuk mencegah kehamilan, tentunya saat Anda hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi pil KB. Saat Anda hamil tentunya ada gangguan dalam keseimbangan hormon yaitu hormon esterogen dan progestin. Jika Anda tetap mengkonsumsi saat hamil tentunta akan dapat menggangu keseimbangan.

Beberapa dampak yang dapat terjadi jika Anda terus konsumsi pil KB saat hamil :

  • Keguguran
    Tujuan dari penggunaan pil KB adalah mengentalkan lendir serviks, menipiskan dinding rahim dan mencegah ovulasi, sehingga konsumsi pil KB mungkin tidak menimbulkan efek samping, namun bisa juga menyebabkan keguguran. Diperlukan penelitian lebih lanjut.
  • Kehamilan ektopik
    Dapat berisiko kehamilan terletak di luar rahim (tuba fallopi)
  • Cacat lahir pada bayi
    Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, konsumsi pil KB saat hamil dapat dipercaya dapat menganggu perkembangan jantung bayi, bibiir sumbing, dan lain sebagainya.
  • Kelahiran prematur
    Merupakan suatu keadaan dimana bayi lahir dengan keadaan belum cukup bulan.
Jika Anda sedang hamil, sebaiknya segera hentikan konsumsi pil KB. Dan konsultasikan segera ke dokter kandungan agar mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.Semoga informasi yang diberikan bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil