28 Jul 2021, 23:59Pernapasan

Apa yang perlu dilakukan jika terinfeksi pneumonia?

RH
Info Penanya: RH, Wanita0
Pantangan apa yg di makan dan minum , kita harus berobat ke poli apa ? Awal sy ke poli internis, apakah sy hrs memakai masker jg didlm rmh mengingat keluarga , dan apakah alat mkn dan sebagainya harus terpisah , kondisi terparah itu seperti apa yg hrs kita segera ke rmh sakit. Pneumonia
318 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RH,Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Namun karena kita sekarang sedang menghadapi pandemi corona, maka sebagian besar kasus pneumonia akan disebabkan oleh virus corona dan tentu saja tidak bisa disepelekan.Perihal kondisi Anda, maka perlu diinfokan apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan swab antigen atau PCR? Apakah Anda terkonfirmasi menderita COVID atau tidak? Karena beda penyebab akan berbeda pula penanganannya serta perlakukaannya.

Jika Anda terkonfirmasi positif COVID-19 maka:

  • Jika tanpa gejala atau gejala ringan, maka lakukan isolasi mandiri di rumah mengingat Rumah Sakit banyak yang penuh sehingga diprioritaskan untuk pasien yang gawat.
  • Selalu menggunakan masker di dalam rumah dan sebisa mungkin hindari kontak dengan anggota keluarga yang lain agar tidak menular.
  • Hindari makanan pedas, asam, santan serta batasi gorengan agar tidak memicu batuk atau nyeri menelan.
  • Beli alat oksimeter untuk melihat kadar oksigen di dalam tubuh Anda. Jika nilainya masih diatas 95% maka masih tergolong aman.
  • Jika muncul keluhan sesak napas, demam terus menerus, saturasi oksigen dibawah 95% maka sudah waktunya melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit.
  • Lakukan konsultasi dengan dokter telemedicine untuk mendapatkan obat-obatan yang harus diminum di rumah. Anda juga bisa melakukan pengecekan apakah Anda terdaftar untuk fasilitas obat gratis dari kemenkes di website https://isoman.kemkes.go.id
  • Untuk peralatan makan tentu harus dipisahkan.
  • Tidur di kamar tersendiri.
Lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit jika Anda menunjukkan keluhan sesak napas dan terlihat ngos-ngosan.Salam sehat,dr. Vina
demamsesak napascoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil