Pneumonia atau corona?

A Info Penanya: A, Pria, 23 Tahun
apakah flu disertai batuk tapi jarang berserta dada terasa ditekan disertai rasa sumpek termasuk gejala pneumonia.. ? atau termasuk gejala corona? mohon penjelasanya jazaakumullah khaira.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Pneumonia adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi mikroba ke satu atau dua sisi paru-paru. Biasanya, penderita akan mengalami gejala batuk baik berdahak atau kering, pilek, sesak napas, yang disertai dengan demam.

Virus corona adalah salah satu penyebab dari pneumonia. Selain itu, pneumonia juga bisa disebabkan oleh:

  • Virus SARS, salah satu jenis virus corona yang muncul terlebih dahulu
  • Virus MERS, yang dimulai dari daerah Timur Tengah
  • Virus lainnya, seperti influenza
  • Bakteri Streptococcus pneumoniae atau Mycoplasma pneumoniae
  • Jamur

Apabila Anda menderita pneumonia, harus ditentukan terlebih dahulu apakah tergolong pneumonia yang berat dan ringan. Pneumonia ringan dapat disembuhkan dengan beristirahat di rumah, minum cukup air putih, dan mengonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan penyebabnya. Namun, pneumonia berat sebaiknya dirawat di rumah sakit karena kondisi penderita harus dipantau lebih lanjut.

Untuk mengetahui jenis pneumonia yang dialami, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis paru. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait gejala-gejala yang Anda rasakan, melakukan beberapa tes penunjang seperti radiologi, dan memberikan penanganan dan saran yang sesuai.

 

Terima kasih telah atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat ya.

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.