25 Sep 2020, 18:07Kandungan

Apa penyebab terlambat menstruasi?

SN
Info Penanya: SN, Wanita, 24 Tahun
Sore dok aku mau tanya aku selesai mens di tanggal 18 agustus terus sampai sekarang di tanggal 25 sepetember belum juga mens itu kenapa dok ?
532 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, SN.Menstruasi adalah kondisi keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim. Idealnya, menstruasi terjadi secara teratur setiap 21-35 hari, dengan durasi 3-7 hari. Proses menstruasi diatur oleh sistem hormon tubuh, sehingga apabila ada kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, menstruasi dapat terganggu.Beberapa hal yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon adalah:
  • Pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, tidur larut malam, atau malas bergerak
  • Penyakit pada rahim, seperti kista ovarium atau PCOS
  • Gangguan tiroid
  • Status gizi yang tidak normal, baik berlebih maupun kurang
  • Penggunaan alat-alat kontrasepsi hormonal
  • Kehamilan, apabila wanita tersebut aktif berhubungan seksual
Jadi, apabila Anda sudah menikah atau pernah melakukan aktivitas seksual, sebaiknya lakukan testpack terlebih dahulu untuk mengonfirmasi apakah ada kehamilan atau tidak. Apabila hasilnya negatif, maka bisa saja disebabkan oleh satu dari beberapa hal di atas. Oleh karenanya, coba lakukan pola hidup sehat agar hormon tubuh kembali seimbang, dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, rutin berolahraga dan mengelola tingkat stres.Apabila haid tak kunjung datang tiga bulan berturut-turut, konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti USG rahim. Kemudian, Anda akan diberikan penanganan yang tepat dan sesuai, misalnya obat-obatan hormonal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil