27 Jan 2021, 14:24Kandungan

Terlambat haid, apakah hamil?

SN
Info Penanya: SN, Wanita, 25 Tahun
Dok saya haid terakhir di tanggal 14 desember 2020 dan sampai saat ini tanggal 27 januari 2021 belum haid lagi dan saya merasakan perut kembung,kenceng,terus agak enek tapi tidak muntah,dan setiap saya mau tidur jantung saya berdebar tidak seperti biasa nya dok,itu kenapa dok ? Bisa di katakan hamil atau tidak ?
203 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, SN.Terlambat haid memang suatu kondisi yang sering diidentikkan dengan kehamilan. Padahal, penyebab terlambat haid sangatlah bervariasi. Kondisi lain seperti mengalami gangguan hormon, kelelahan fisik, stres, menggunakan kontrasepsi, dan penyebab-penyebab lain juga dapat memicu keterlambatan haid.Dengan asumsi siklus haid Anda sama seperti mayoritas wanita (yaitu 28 hari), maka seharusnya Anda mengalami haid kembali pada tanggal 11 Januari 2021. Mengingat sampai hari ini (28 Januari), Anda sudah mengalami keterlambatan selama 17 hari, maka coba saja lakukan testpack sebagai skrining awal. Biasanya, apabila memang ada kehamilan, testpack akan menampilkan hasil dua garis.Apabila hasilnya hanya satu garis, maka Anda dapat mengulanginya tujuh hari kemudian. Apabila masih negatif, berarti terlambat haid Anda disebabkan oleh faktor lainnya seperti yang telah diuraikan pada awal jawaban.Lalu, mengenai keluhan lain Anda, yaitu kembung, mual, dan jantung berdebar, hal tersebut juga bisa dipicu oleh penyebab selain kehamilan, misalnya:
Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan (apabila hamil) atau dokter spesialis penyakit dalam (apabila tidak hamil) untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamiltes kehamilansakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil