please talk .

DY Info Penanya: DY, Wanita, 21 Tahun
Halo dok, mama saya udah meninggal, papa saya nikah lagi dan tinggal dirumah istri nya dan jarang kerumah saya tinggal sama kaka tapi tidak akur. Saya hidup sendiri dan saya hampir menyerah tapi saya inget janji ke almh mama untuk selesain sekolah sampai kuliah dan skrg saya sudah mau wisuda. Dan saya mikir untuk apa lagi saya hidup karna janji saya ke mama bntr lagi terwujud berharihari saya mikirin hal ini dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi DY.

Terima kasih sudah berbagi cerita, diluar bahasan agama, sebagai manusia tentunya kita hidup untuk mencari tujuan hidup itu sendiri, dicerita Anda sepertinya Anda merasa kesepian karena Anda tidak dekat dengan kakak Anda ataupun dengan ayah Anda atau ibu tiri Anda. 

Anda tidak harus takut untuk bercerita, walaupun Anda tidak terlalu dekat atau jarang berkomunikasi, cobalah untuk berkomunikasi dengan keluarga dekat yang lain atau jika Anda punya sahabat, Anda bisa berbagi cerita. Ingat, mengakhiri hidup karena merasa tidak punya tujuan hidup lagi bukanlah solusi. Anda baru akan wisuda, kejarlah cita-cita, menjadi orang sukses dan buatlah keluarga kecil yang bahagia seperti yang Anda harapkan.

Jika memang Anda tidak terbuka dengan orang yang Anda kenal, coba Anda bercerita dengan dokter psikiater, disini tidak mengartikan berarti Anda gila, karena itu stigma yang salah. 

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu efek setelah keguguran yang bisa dialami oleh pihak wanita adalah peningkatan rasa sedih yang dapat memicu depresi

Setelah Keguguran: Efek dan Cara Mengatasi Keguguran

Efek setelah keguguran tidak hanya meliputi fisik saja, tetapi juga mental. Setelah keguguran, orangtua bisa mengalami berbagai emosi negatif, seperti kemarahan, rasa duka, dan sebagainya. Cara mengatasi keguguran bisa dilakukan dengan menghadapinya sebagai pasangan dan mencari dukungan dari orang-orang sekitar.