03 Apr 2021, 19:49Pernapasan

Apa yang menyebabkan demam terutama sore menjelang malam ?

AN*
Info Penanya: AN*0
Halo dok, saya sudah 7 hari ini demam naik turun, dan biasanya setiap menjelang sore sampai malam suhu badan saya mulai naik, saya pikir saya terkena DB karna bagian atas mata saya pegal, tp pd saat saya check lab hasilnya negatif DB dan tipes. Sekarang badan saya sudah tidak demam, tapi saya masih mual dok, sehingga sulit untuk makan, mulut saya juga rasanya pait. Kemudian saya merasa dada saya agak berat saat bernafas, apakah ini gejala corona ya dok, soalnya ketika saya meludah ada darahnya.
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, P.Demam merupakan salah satu cara tubuh dalam mencegah berbagai penyakit yang mencoba masuk. Tubuh seseorang dikatakan demam jika suhu melebihi 37,5 derajat celcius dimana demam bisa meningkat secara tiba-tiba, datang perlahan, tetap tinggi atau demam meriang yang terjadi terus menerus. 

Apa yang menyebabkan demam terutama sore menjelang malam ?

Salah satu tipe demam yaitu meningkat terutama sore menjelang malam seperti yang Anda rasakan, dimana demam juga diikuti dengan rasa mual, tidak nafsu makan, mulut terasa pahit, dada terasa berat saat bernafas dapat disebabkan oleh demam tipes. Hasil pemeriksaan yang negatif tipes dapat diulang menggunakan pemeriksaan tubex yang lebih akurat.Selain karena demam tipes keluhan yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti :
  • Kekurangan cairan dan asam lambung yang meningkat.
  • Infeksi saluran nafas baik atas maupun bawah.
  • Infeksi corona terlebih jika Anda mengalami demam tinggi, sesak nafas, batuk kering, diikuti kehilangan penciuman dan rasa.
  • Awal terjadinya DBD dimana laboratorium normal pada pemeriksaan pertama dan dapat berubah setelah pemeriksaan selanjutnya.
Darah yang keluar saat Anda meludah dapat disebabkan oleh peradangan gusi, luka setelah menyikat gigi dan perdarahan gejala DBD.Untuk itu, lakukan pemeriksaan darah ulang jika keluhan tidak membaik, lakukan swab jika keluhan mengarah ke corona, jaga imunitas tubuh, makan bergizi, minum yang cukup, konsumsi obat penurun panas dan suplemen vitamin. Konsultasi ke dokter penyakit dalam segera.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
demam berdarah denguedemam tifoidcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil