Susah tidur karena gangguan psikologis, harus bagaimana ?

RJ Info Penanya: RJ, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya, akhir2 ini saya susah tidur selalu ada rasa cemas dan pikiran saya selalu keinget omongan2 yg ga enak d di denger sampe2 suka nangis sendiri. Itu stres kadang suka sakit kepala sampe gbisa tidur. Mkasih sblumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RJ.

Susah tidur adalah keluhan yang dapat terjadi karena berbagia faktor. Susah tidur dalam bahasa medis dikenal dengan insomnia. Terdapat tiga macam gangguan pada insomnia, yakni susah masuk tidur, susah mempertahankan tidur atau sering terbangun dini hari dan susah untuk tidur kembali. 

Adapun berbagai faktor penyebab dari insomnia, yang meliputi :

  • perpindahan lokasi tidur
  • jet lag karena perjalanan jauh
  • kondisi kamar tidur yang tidak kondusif
  • kondisi medis dan penyakit tertentu
  • konsumsi kafein, alkohol dan penggunaan rokok berlebih
  • pola istirahat yang tidak teratur
  • pekerjaan yang memiliki shift jaga malam
  • gangguan atau penyakit psikis

Mengenai keluhan Anda, kesulitan tidur yang dialami karena keadaan psikis yang sedang tidak stabil umumnya perlu penanganan yang lebih lanjut, karena perlu berfokus pada gangguan psikis yang dialami. Terlebih jika keluhan susah tidur sudah diderita lebih dari satu bulan atau bersifat kronik. Anda sudah perlu untuk meminta bantuan ahli untuk menangani kondisi yang Anda alami.

Untuk sementara Anda dapat menggunakan aromaterapi lavender agar lebih relaks dan mengikuti tips lainnya pada artikel berikut guna membantu meringankan keluhan susah tidur yang Anda alami.

Jika keluhan susah tidur Anda tidak kunjung membaik, berkonsultasilah pada Psikolog atau Psikiater secara langsung, untuk terlebih dulu menangani gangguan psikis yang mendasari sehingga keluhan susah tidur yang dialami dapat tertangani dengan baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita demensia dan Alzheimer dapat merasakan gejala-gejala penurunan fungsi otak

Meskipun Gejalanya Mirip, Demensia Berbeda dengan Alzheimer

Demensia dan Alzheimer seringkali dianggap sama. Padahal, demensia adalah sejenis sindrom dan masih bisa disembuhkan dengan pengobatan medis. Demensia dapat dipicu berbagai penyakit, salah satunya Alzheimer. Demensia dan Alzheimer dapat merasakan gejala-gejala penurunan fungsi otak.