Pipi kiri besar sebelah dan sering sakit gigi. Dimana saya harus memeriksanya?

N Info Penanya: N, Wanita, 36 Tahun
Pagi dok, sy mau tny. Wajah sy tidak simetris ( pipi sblh kiri besar sebelah)& sy jg sering sakit gigi d sekitar pipi trsbt. Bgmn cr untuk mengetahui penyebab pipi sy itu, d dmn sy hrs memeriksakannya. Apkh itu jg berhbngan dgn suara krak apabila sy mengeretakan mulut sy. Terima kasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pipi kiri tidak simetris sejak dulu, atau akhir-akhir ini setelah sakit gigi? Sakit gigi akibat gigi berlubang atau radang gusi bisa mengakibat infeksi berkelanjutan. Infeksi mengakibatkan peradangan sehingga gusi membengkak, kemudian diikuti jaringan sekitarnya sampai dengan masuk ke aliran darah. Jaringan sekitar gusi termasuk pipi Anda. Pipi bisa membengkak, kemerahan dan terasa panas serta nyeri. Hal ini disebut selulitis

Menggeretakan gigi disebut juga bruxism. Ini kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan gigi Anda. Cara menanganinya ialah dengan evaluasi langsung oleh dokter gigi dan mendapatkan perawatan yang sesuai untuk kondisi Anda. Saya lampirkan juga artikel mengenai pentingnya menjaga kesehatan mulut. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gusi juga dialami penderita HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1

4 Kondisi Ini Dapat Memicu Sakit Gusi

Sakit gusi adalah kondisi yang terjadi akibat gingivitis atau radang gusi. Salah satunya adalah impaksi makanan di mana makanan tersangkut di antara gigi atau pada gusi. Namun, penyakit HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1 juga menyebabkan terjadinya sakit gusi.