23 Dec 2020, 01:23Gigi & Mulut

Sakit gigi diikuti pipi bengkak

CH
Info Penanya: CH0
Saya sakit gigi tiba" pipi saya bengkak apa penyebabnya dok,tapi sekarang gigi sy sdh tdk sakit lagi tapi pipi saya masih bengkak kenapa ya dok?
242 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, CH.Sakit gigi paling sering disebabkan oleh gigi berlubang yang mengalami peradangan. Selain rasa sakit, beberapa gejala lain yang umum dialami pada saat radang adalah rasa panas pada gigi, gangguan fungsi (misalnya untuk mengunyah), serta pembengkakan yang tampak pada pipi.Apabila gigi sudah tidak nyeri tetapi pipi masih bengkak, maka kemungkinan masih ada reaksi radang yang terjadi. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar apabila Anda tidak melakukan penanganan seperti penambalan atau pencabutan terhadap gigi tersebut.Tetapi, apabila Anda sudah memeriksakan gigi tersebut ke dokter gigi, dan sudah ditangani dengan baik, maka mungkin saja ada penyebab lain yang menimbulkan bengkak pada pipi. Beberapa di antaranya adalah:
  • adanya gigi lain yang berlubang
  • sialolithiasis (batu pada saluran air liur)
  • gondongan
  • reaksi alergi
Untuk sementara, disarankan Anda dapat mengompres pipi yang bengkak dengan handuk dingin. Pada saat tidur, hindari miring ke arah pipi yang bengkak agar tidak terjadi penekanan. Disarankan juga untuk memosisikan kepala lebih tinggi daripada badan, agar aliran darah dapat mengalir dengan baik ke jantung.Apabila keluhan tidak membaik atau bahkan bengkak semakin membesar, segera konsultasikan keluhan Anda lebih lanjut ke dokter gigi. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, dan Anda akan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
peradangansakit gigiabses gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil