Pipi bengkak karena gigi keropos, apa solusinya?

HP Info Penanya: HP, Wanita, 20 Tahun
Assalamualaikum dok. Saya mau bertanya.Dulu saya sering sakit gigi dan sekarang udah gk sakit sebab gigi saya keropos dengan sendirinya dan dari dulu pipi saya bengkak(pipi besar kanan) sampai sekarang.Apa yg harus saya lakukan dok..terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HP.

Sebelum makanan masuk ke sistem pencernaan untuk diserap nutrisinya, gigi akan mengoyak dan mengunyah makanan menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna. Oleh karena itu, gigi merupakan salah satu organ penting yang dimiliki manusia. 

Tak jarang, seseorang memiliki masalah gigi karena tidak merawat gigi dengan baik. Masalah yang paling sering dialami adalah gigi berlubang, mulai dari lubang kecil, keropos, ataupun sisa akar. Gigi berlubang disebabkan karena plak yang berasal dari sisa makanan yang bercampur dengan bakteri. Plak tersebut mengikis lapisan-lapisan gigi.

Terkait kondisi yang Anda alami, sebaiknya lakukan penanganan pada gigi Anda yang keropos untuk mengurangi pembengkakan pada pipi Anda. Berkonsultasilah ke dokter gigi untuk mengetahui tindakan apa yang tepat untuk gigi Anda, apakah ditambal atau harus dicabut.

Ke depannya, rawatlah gigi dengan baik dengan cara menggosok gigi secara teratur. Bersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi menggunakan dental floss (benang gigi). Selain itu, kontrol ke dokter gigi secara rutin tak kalah penting, untuk membersihkan karang gigi dan melakukan pencegahan penyakit gigi (jika ada).

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibuprofen, paracetamol, dan naproxen dapat membantu meredakan sakit gigi

Sederet Obat Sakit Gigi di Apotek untuk Bantu Redakan Nyeri

ibuprofen, paracetamol, dan naproxen adalah obat sakit gigi yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Obat ini membantu meredakan sakit gigi namun bersifat sementara.