Pingsan kemudian tubuh bergerak-gerak dan ngorok, apakah termasuk epilepsi ?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 23 Tahun
Saya habis rapid test dok, setelah diambil sampel darah saya mengalami mual, kepala pusing, pandangan mata kabur kemudian pingsan. Setelah sadar beberapa menit kemudian saya pingsan lagi. Kata teman saya, badan saya bergerak gerak seperti orang kerasukan dan ngorok dalam beberapa detik. Lalu beberapa menit kemudian sadar. Apakah itu termasuk gejala epilepsi dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RD.

Epilepsi adalah penyakit dengan letak gangguan yang terjadi pada sistem saraf pusat. Gangguan tersebut mengakibatkan aktivitas otak menjadi tidak normal. Salah satu tanda utamanya ialah kejang. Adapun tanda lainnya seperti perilaku yang tidak biasa hingga kehilangan kesadaran. Pada penyakit epilepsi umumnya kejang terjadi berulang, namun bentuknya dapat bermacam-macam. Bergantung kepada gangguan aktivitas listrik yang terjadi di dalam otak penderita.

Jenis dari epilepsi terbagi berdasarkan tipe kejangnya, yaitu :

  • tipe kejang fokal/parsial
  • tipe kejang umum
  • status epileptikus

Mengenai keadaan yang Anda alami, bisa saja merupakan gejal epilepsi karena adanya episode kehilangan kesadaran atau pingsan serta tubuh yang bergerak-gerak seperti kejang. Namun demikian, karena penentuan diagnosis dari epilepsi ini cukup kompleks maka perlu diperiksakan secara langsung untuk memastikannya. 

Untuk sementara hindari aktivitas berlebih dan paparan sinar matahari yang terlalu lama. Istirahatlah yang cukup dan hindari konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan tinggi penngawet.

Jika dalam waktu dekat gejala yang dialami kambuh kembali ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter Spesialis Saraf.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejang pada masa kehamilan merupakan kondisi serius yang bisa membahayakan ibu dan bayi.

Penanganan Kejang pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kejang selama kehamilan adalah kondisi akibat kenaikan tekanan darah tinggi yang menyebakan kejang. Kondisi ini berbahaya karena pasokan oksigen ke janin alami penurunan.