Kenapa tidak haid setelah menggunakan KB?

D Info Penanya: D
Sok saya sudah 10 bulan d oprasi karena hamil di luar kandungan.setelah itu saya pake KB 3 sekali terus saya cuma d kb 1kali kenapa sok sampai sekarang saya gak menstruasi lagi???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

KB adalah singkatan dari Keluarga Berencana, yaitu program pemerintah yang dimaksudkan agar adanya perencanaan di dalam keluarga untuk memiliki anak, dengan cara menunda kehamilan. Program KB dilakukan oleh pasangan dengan menggunakan alat kontrasepsi. 

Ada dua macam kontrasepsi yang dikenal saat ini. Pertama, kontrasepsi alami, yaitu menggunakan metode menghitung siklus haid atau senggama terputus untuk mencegah kehamilan. Kedua, kontrasepsi buatan, yang terdiri dari kontrasepsi non-hormonal (seperti kondom atau IUD) dan kontrasepsi hormonal (seperti pil, suntik, dan implan).

Pada saat seorang wanita menggunakan kontrasepsi hormonal, hormon alami pada tubuh wanita akan mengalami perubahan. Hal ini menyebabkan:

  • Siklus haid yang tidak teratur, seperti tidak haid dalam waktu lama atau sering mengalami flek
  • Jerawat
  • Kulit kering atau berminyak
  • Berat badan yang meningkat
  • Gangguan emosi atau mood swing

Terkait kasus Anda, kemungkinan besar terlambat haid yang Anda alami adalah efek samping dari kontrasepsi yang Anda gunakan. Jika Anda ingin haid teratur, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi buatan non-hormonal. Atau, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk menentukan kontrasepsi yang tepat untuk Anda.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.