Pinggul kecil apakah akan sulit melahirkan?

MI Info Penanya: MI, Pria, 24 Tahun
Dok, mitosnya kalau pinggul nya kecil berarti melahirkannya sulit, tapi pinggul besar mudah melahirkannya? istri saya ketakutan dok mau ngelahirin.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MI,

Persalinan normal adalah metode melahirkan atau persalinan melalui vagina, dimana memerlukan beberapa syarat kondisi seperti letak bayi yang tidak melintang, tidak ada komplikasi kehamilan, panggul tidak sempit, kontraksi baik dan beberapa syarat lainnya.

Pinggul yang kecil tidak selalu berarti tidak bisa melahirkan normal. Pinggul yang kecil bisa saja memiliki luas panggul yang normal, dimana beberapa kondisi yang mungkin bisa ada panggul sempit atau rasio panggul dan bayi yang tidak ideal diantaranya adalah:

  • Tinggi badan kurang dari 145 cm
  • Memiliki ibu dengan riwayat panggul sempit
  • Pernah mengalami trauma atau cedera panggul
  • Kurang gizi atau nutrisinya kurang ditandai berat badan di bawah normal
  • Ukuran bayi besar
  • Memiliki kelainan bentuk panggul
  • Mengalami gangguan tulang

Untuk itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan kehamilan berkala, untuk bisa menentukan metode persalinan yang sesuai dengan kondisi istri Anda. Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan untuk mengukur kondisi panggul apakah memungkinkan untuk melakukan persalinan normal. 

Komunikasikan dengan istri Anda agar tidak perlu takut untuk melahirkan, karena akan dibantu oleh dokter kandungan untuk menentukan kondisi kehamilan dan mempersiapkan metode persalinan yang tepat dengan kondisinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.