Mengapa pinggang sakit sehabis minum pil tuntas dan kiranti?

EN Info Penanya: EN, Wanita, 1 Tahun
Malam dok . Saya ingin bertanya 5 hari yg lalu saya berhubungan intim lalu skrg saya merasakan sakit pinggang trkadang selurub badan sakit semua dok dan payudara saya juga sakit . Bulan lalu tgl 24 saya dpat haid . Bulan ini tgk 24 nnti saya dapatnya dok . Tp saya takut hamil jd dri hari 3 setelah berhub intim saya minum obat TUNTAS dan kiranti dok . Jd karna mnum obat itu pinggang badan dan payudara berasa sakit dan pegal dok . Mohon jawabannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pil tuntas merupakan obat herbal yang dikonsumsi untuk mengatasi terlambat datang bulan, melancarkan haid dan mengatasi keluhan yang berhubungan dengan haid. Obat ini tergolong jamu.

Sedangkan kiranti adalah minuman herbal yang berisi kunyit, asam jawa, kencur, jahe, dan kayu manis. Minuman ini dipercaya mampun meredakan nyeri haid. Biasanya dikonsumsi sebelum dan sesudah haid. Minuman ini tergolong herbal. Efek sampingnya berupa pusing, mual, diare, dan juga gangguan pencernaan.

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya adalah karena Anda mengkonsumsi obat pil tuntas dan juga kiranti di saat Anda belum waktunya menstruasi. Sehingga menimbulkan efek samping. 

Untuk mengatasi keluhan Anda ini, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi teruatama sayur dan buah-buahan, dan konsumsi vitamin saraf seperti B1, B2, dan B6. 

Jika keluhan Anda tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan agar dapat diberikan terapi yang tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama tidak dapat dideteksi dengan test pack

Kenali Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama dan Cara Mempersiapkannya

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama dapat dilihat melalui berbagai macam cara. Umumnya, Anda dan pasangan baru bisa mendeteksi kehamilan seminggu setelah istri telat haid.