Kram perut dan sakit pinggang tanda awal kehamilan ?

W Info Penanya: W, Wanita, 25 Tahun
selamat siang dok..saya ingin bertanya..kenapa ya bagian bawah pusat saya terasa keram??pinggang saya juga terasa keram?apa ini awal gejala kehamilan??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kram perut dan sakit pinggang dapat terjadi karena berbagai faktor penyebab. Pada wanita, hal ini memang dapat berhubungan dengan organ reproduksi. Namun, untuk dapat mengidentifikasi keluhan lebih lanjut, umumnya terdapat gejala penyerta yang lebih spesifik dan dapat mengarahkan pada penyebab dari keluhan yang dialami.

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang hubungannya dengan tanda kehamilan, keluhan kram perut dan sakit pinggang ini bisa merupakan bagian dari tanda-tanda tersebut, bisa juga bukan.

Berikut beberapa tanda kehamilan awal yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • tidak haid
  • morning sickness (mual muntah pagi hari)
  • terjadi perubahan pada payudara
  • adanya flek dan kram perut
  • adanya keputihan yang tidak biasa

Untuk memastikan, jika memang sudah ada keterlambatan haid pada bulan ini, ada baiknya Anda melakukan test pack, dan apabila memang positif Anda dapat mengonfirmasinya kembali dengan memeriksakan diri ke dokter Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Berikut artikel terkait "cara penggunaan test pack agar hasil lebih akurat", saya sertakan sebagai informasi tambahan.

Sementara untuk keluhan kram perut dan nyeri pinggangnya Anda dapat melakukan kompres hangat dan mengonsumsi air putih hangat untuk membantu meredakan gejala. Dan apabila masih tertahankan, jika memang Anda sedang melakukan program hamil, maka hindari langsung mengonsumsi obat-obatan dan gunakan dulu cara yang alami pada setiap keluhan yang dialami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal terjadi selama tidak terjadi infeksi

Keputihan Saat Hamil, Amankah?

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan saat hamil berwarna kuning atau hijau, berbau menyengat, disertai dengan kemerahan dan gatal pada vagina bisa menjadi tanda dari keputihan yang abnormal dan tidak wajar.