Pinggang bagian belakang sering sakit

AG Info Penanya: AG, Wanita, 2019 Tahun
Dok,sy msih berumur 18 thun tpi pinggang bagian belakang sy sering kali sakit wktu membungkuk atau mengangkat sesuatu yg berat..paha kiri atas sy juga rasanya seperti trkilir saat bangun dari duduk dn brjlan,sy sering memutar-mutar tubuh kanan kiri smpai pinggang berbunyi "krak" dokter soalnya entah bagmn trasa 'lega'.apakah memutar-mutar tubuh itu jdi penyebabnya atau ada hal lain?Terima kasih Dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AGA,

Sakit pinggang meruapakn salah satu masalah anggota gerak yang dapat timbul karena aktivitas sehari-hari dan kebiasaan sehari-hari dimana pemicunya diantaranya adalah:

  • Sering mengangkat beban berat
  • Posisi tubuh dan postur tubuh yang tidak baik saat beraktivitas atau mengangkat beban
  • Kurang asupan nutrisi
  • Adanya gangguan pada otot, tulang, sendi, atau persarafan di area pinggang dan tulang belakang
  • Adanya peradangan pada otot dan sendi
  • Kurang aktif bergerak
  • Gangguan organ lain seperti ginjal, organ pencernaan, atau organ reproduksi pada wanita
  • Kondisi psikologis seperti stres

Penanganan yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan membatasi mengangkat beban, perbaiki postur tubuh saat beraktivitas seperti saat duduk, berdiri atau tidur, hindari kebiasaan menaruh dompet di kantung belakang celana, berolahraga ringan dan lakukan peregangan, kurangi terlalu banyak duduk atau berbaring, kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat, jaga berat badan ideal, dan konsumsi obat pereda nyeri atau mengoles krim anti nyeri jika diperlukan.

Periksakan diri pada dokter jika keluhan tidak membaik agar diketahui penyebabnya nantinya juga dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen, lab darah, tes urine, ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangani tulang retak dan patah kaki dengan membalut menggunakan perban

Waspada Tulang Retak, Olahraga Tertentu Bisa Menjadi Penyebabnya!

Tulang retak dan patah kaki paling rentan terjadi pada orang-orang yang aktif berolahraga. Penyebab dari tulang retak biasanya yaitu jatuh atau kecelakaan. Gejala utamanya yaitu muncul rasa nyeri.