Mengapa KB suntik haid tidak teratur?

TG Info Penanya: TG, Wanita, 24 Tahun
Slamat siangsy irna.ada yg menyarankan sy untuk kb suntik 1 bulan supaya haidnya lancar nah sy coba beberapa bulan tp hasilnya tdk haid juga Tapi bidan tmpt sy suntik menyarankan pakai pil kb pasti haidnya teratur.Pertanyaan sy apakah sy bisa langsung minum pil kb hari dimana jadwal suntik tampa menunggu haid,Kalu menunggu haid pasti akan lama, jadwal suntik hari senin apakah sy bisa minym langsung atau harus menunggu hari yg di anjurkan pil itu baru bisa meminumnya..Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, TG

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penggunaan KB suntik maupun Pil KB sama-sama memiliki risiko untuk menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan, baik KB suntik ataupun pil KB merupakan alat kontrasepsi hormonal.

Adapun peperapa kondisi lain yang dapat menyebabkan haid tidak etraur adalah:

  • Kelelahan akibat dari aktivitas fisik yang berlebih
  • Stres
  • Masalah hormonal
  • Masalah pada organ reproduksi
  • PCOS
  • Obesitas
  • Perubahan berat badan yang mendadak

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda ingin berganti jenis KB dari KB suntik ke Pil KB karena alasan menstruasi yang sering terlambat, belum tentu hal tersbeut dapat menyelesaikan keluhan tersebut. Namun, jika Anda ingin mulai mengonsumsi pil KB, Anda bisa memulai sesuai jadwal suntik Anda berikutnya. Alangkah baiknya bila Anda dan pasangan berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk menentukan jenis KB yang cocok dan sesuai dengan tujuan serta kondisi Anda dan pasangan. Selain itu, agar dapat dilakukan pemeriksaan terkait dengan keluhan menstruasi yang tidak teratur. Agar dapat diketahui penyebab serta dilakukan tatalakasana yang sesuai.

Pastikan juga Anda tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, hindari stres, istirahat cukup, serta lakukan olahraga ringan gar badan tetap bugar

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.