Apakah boleh pindah perawatan behel?

IO Info Penanya: IO, Wanita, 23 Tahun
Salah sejahterah untuk kita semua Saya ingin bertanya dok, saya baru menggunakan behel ke 2x ini dok, sebelum ya saya menggunakan behel ke dokter A sampek tuntas kemudian 6 thun berikutnya saya menggunakan ke dokter B ternyata selama perawatan dokter B saya merasa kurang puas, jika saya kembalik ke dokter A apakah saya perlu mengulangi perawatan behel dari awal dok ?Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IO

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kawat gigi atau sering disebut dengan istilah behel merupakan suatu alat yang digunakan oleh dokter gigi untuk membantu merapikan susunan gigi dan rahang. Pemasangan behel bertujuan agar gigi lebih rapi serta posisi rahang bisa kembali normal. Lamanya proses menggunakan behel ini tergantung dari kondisi gigi dari masing-masing individu saat akan memulai menggunakan behel. Behel dapat digunakan dari berbagai macam kalangan usia, mulai dari remaja hingga pada dewasa.

Selain hasil yang baik, namun bisa juga terjadi efek samping yang berbahaya pada saat penggunaan behel yaitu:

  • Mengikis lapisan terluar gigi
  • Makanan mudah tersangut
  • Berkurangnya panjang akar gigi
  • Masalah gusi
  • Gigi kembali berantakan (jika tidak mengikuti saran dan petunjuk dari dokter gigi)
  • Reaksi alergi

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda merasa kurang nyaman dengan dokter B dan ingin kembali dengan dokter A. Tentu saja hal tersbut bisa dilakukan. Sedangkan untuk mengulang kembali dari awal atau tidak tentunya tergantung dari hasil pemeriksaan kondisi gigi Anda saat ini. Hal tersebut bisa Anda diskusikan kembali dengan dokter A serta sampaikan terkait keluhan yang Anda rasakan.

Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut, menggunakan sikat gigi khusus untuk pengguna behel, mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, cukupi kebutuhan cairan harian, lakukan olahraga ringan agar bdan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flossing setiap hari bermanfaat membersihkan kotoran dari gigi dan mencegah karang

Perlukah Melakukan Flossing untuk Kesehatan Gigi?

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi tak kalah pentingnya dengan menyikat gigi. Flossing merupakan salah satu pencegahan terhadap penyakit gigi dan gusi karena mampu membersihkan plak dan sisi makanan yang menempel di gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.