19 Aug 2021, 15:37Kandungan

Apa saja jenis KB yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan?

TW
Info Penanya: TW0
Dok saya bbrpa Minggu lagi akan menikah.. Tapi saya blum merencanakan kehamilan harus dalam jangka berapa lama sama harus mengkonsumsi Pill kb sebelum saya menikah
305 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, TTerima kasih atas pertanyaan AndaKB (keluarga berencana) adalah salah satu gerakan program pemerintah untuk membatasi angka kelahiran. Untuk mendukung program KB, bagi pasangan yang berencana menunda kehamilan bisa menggunakan alat kontrasepsi. Terdapat berbagai macam jenis alat kontrasepsi yang bisa di gunakan.

Berikut ini adalah beberapa contoh alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan:

  • Pil KB, yang terdiri dari mini pil, pil kombinasi dan lain sebagainya
  • Suntik KB yang terdiri dari suntik KB 1 bulan dan suntik kB 3 bulan
  • IUD
  • KB implan
  • Kondom
Terkat dengan beberapa alat kontrasepsi tersebut, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan efektivitasnya. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika Anda dan pasangan berencana menunda kehamilan alangkah baknya bila melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan melalui online, atau dengan memeriksakan langsung ke dokter spesialis kandungan terdekat agar disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tujuan Anda menuda kehamilan. Terkait cara konsumsi pil KB, tergantung dari jenis pil KB yang Anda gunakan. Selain itu, konsumsi pil KB juga harus dikonsumsi secara rutin, artinya apabila tidak rutin maka penggunaan pil KB ini tidak efektif sehingga peluang untuk terjadi kehamilan juga semakin besar. Selain itu, setiap  orang mempunyai respon tubuh yang berebeda-beda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil