09 Jun 2021, 13:50Kandungan

Pill kb apakah sebaiknya dilanjutkan jika masih ingin menunda kehamilan?

AA
Info Penanya: AA0
dok sy mau nanya, sy berhubungan dgn suami sy tapi sy merasa dia ngeluarin sperma di dalam sedangkan kita lg menunda kehamilan dulu. Setelah di test sy negatif, perlu lanjut minum pil kb ga ya?
43 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Tes pack adalah alat untuk menentukan kehamilan yang hingga saat ini cukup akurat. Jika hasil tes pack Anda negatif artinya Anda tidak hamil. Namun memang dapat terjadi kesalahan sata pengecekan yang membuat tes sebaiknya dilakukan 2x dalam jarak 1minggu jika Anda belum juga haid atau mengalami terlambat haid yang cukup lama. Untuk dapat akurat, sebaiknya tes pack dilakukan saat 7 hari terlambat haid.Jika sudah 2x tes dan tetap negatif artinya Anda boleh saja melakukan KB. Namun jika selama ini Anda selalu menggunakan pil KB secara rutin setiap hari, artinya adanya ejakulasi di dalam hampir tidak mungkin menyebabkan kehamilan. Untuk kasus ini tes hanya perlu dilakukan 1x, dan KB pil boleh langsung dilanjutkan.

Pilihan KB lain

Ada beberapa jenis KB, dan Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan suntik KB, penggunaan kondom, KB implan maupun KB IUD. Jika ingin menunda kehamilan dalam waktu yang cukup lama, penggunaan KB implant dan IUD adalah pilihan yang baik. Namun apabila masih memiliki keraguan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi langsung kepada dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil