23 Sep 2020, 18:42Kandungan

Pill kb

A
Info Penanya: A0
Hallo dokter, Saya mempunyai pertanyaan. saya baru saja mencoba mengonsumsi pill kb, nah di masa percobaan say ini saya harus mengonsumsi selama 3 minggu terlebih dahulu, kemudia berhenti selama seminggu, saya selalu meminum pill kb pada pkl . dan pertanyaan saya di akhir hari saya minum pill kb jam , kemudian malamnya saya melakukan hubungan dg pasangan saya. dan ke esokan harinya pukul saya tdk melanjutkan minum pill kb lagi. apakah itu bisa beresiko hamil dok?
598 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang A,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Cara kerja pil KB tergantung pada kadungannya. Pil KB tersedia dalam 2 jenis, yaitu pil yang memiliki pil kombinasi (esterogen dan progestin) dan pil mini (progestin). Cara kerjanya adalah menghambat ovulasi agar sel telur tidak keluar dan tidak di buahi, mengentalkan lendir rahim agar sperma kesulitan untuk masuk, menipiskan dinding rahim sehingga jika ada sperma yg masuk dan membuahi akan kesulitan menempel.

Beberapa manfaat pil KB :

  • Membuat siklus menstruasi lebih teratur
  • Kram dan nyeri menstruasi lebih ringan
  • Memperkecil resiko anemia defisiensi zat besi
  • Tidak mempengaruhi kesuburan
  • Tidak menganggu aktifitas seksual
  • Tidak berefek pada jerawat
  • Tidak berisiko terjadi osteoporosis
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, terjadinya kehamilan pada Anda tidak dapat dipastikan karena bisa saja tidak terjadi kehamilan karena Anda masih menggunakan KB sebelumnya. Namun bisa juga terjadi kehamilan karena Anda menghentikan KB. Saran saya, sebaiknya lakukan testpack pada bulan depan untuk memastikan terjadinya kehamilan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.Semoga informasi yang diberikan bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil