Pilih KB suntik atau pil ?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 2019 Tahun
Dok. saya kan baru mau nikah ni ya, menurut dokter sy lebih baik pakai kb pil atau suntik ya? terus sy psgnya sebelum nikah atau sesudah nikah ya dok? makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SA

Kedua metode sama baiknya, efektif dan aman untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan

Pil KB adalah kontrasepsi yang mengandung hormon untuk mencegah kehamilan, ada juga yang dapat mengurangi beratnya menstruasi atau mengurangi jerawat. Tergantung dari produk dan kandungannya. Biasanya pil kombinasi progesteron dan estrogen, ada juga yang hanya mengandung progesteron. Tersedia dalam kemasan untuk 1 bulan dimana 3 minggu mengandung hormon aktif dan 1 minggu hanya placebo. Biasanya anda mestruasi saat minum yang placebo. Sedangkan yang hanya mengandung progesteron tersedia dalam paket 28 hari, anda bisa keluar menstruasi saat minggu keempat penggunaan obatnya. 

Cara kerjanya dalam mencegah kehamilan adalah dengan mencegah pelepasan sel telur dari ovarium (ovulasi). Jika tidak ada sel telur maka tidak ada yang bisa dibuahi sperma. Kemudian hormon ini juga meningkatkan penumpukan lendir vagina di sekitar mulut rahim. Jika terlalu tebal maka sperma tidak bisa mendekati sel telur. Jika ada yang berhasil dibuahi sperma tapi tidak bisa menempel di lapisan rahim.

Untuk yang teratur minumnya keberhasilan 99% dalam mencegah kehamilan, lupa minum 1 hari turun ke 90% jadi harus rutin minumnya. Minimal 1 bulan pemakaian baru ada perlindungan optimal. Bila anda ingin hamil, dengan berhenti minum pil maka siklus haid dan kesuburan akan kembali seperti semula.

Sedangkan KB suntik mengandung hormon progesteron dengan dosis lebih tinggi dari pil, ada dalam bentuk depo selama 3 bulan atau suntik 1 bulan. Usahakan jaraknya pas 1 atau 3 bulan untuk menjamin efektivitas 99%. Baik pil dan suntik keduanya tidak mencegah penyakit menular seksual. Sebaiknya menggunakan kontrasepsi jenis barrier atau penghalang seperti kondom.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pil

1. efek samping lebih ringan dibandingkan suntik

2. dapat hamil segera setelah berhenti minum pil

3. Pil harus diminum tiap harinya

4. Sedikit kurang efektif dibandingkan suntik

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Suntik

1. Hanya perlu disuntik tiap bulan / bisa juga per 3 bulan bila menggunakan depo

2. Sedikit lebih efektif dibandingkan pil

3. Efek samping lebih terasa dibandingkan pil

4. Perlu waktu agar dapat hamil setelah berhenti menggunakannya

Sebaiknya anda diskusi dengan Dokter Kandungan anda untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.