Pilih ikan air tawar atau ikan air asin?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Dok, saya mau nanya. Lebih sehat mana ya, makan ikan air tawar atau ikan air asin?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Ikan adalah salah satu sumber makanan penting yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Ikan air tawar dan ikan air laut sendiri sama-sama merupakan sumber makanan yang baik, tetapi masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Pada ikan air tawar memiliki kelebihan mudah didapat, harga yang lebih terjangkau, mudah diolah dan kandungan gizi yang baik seperti protein, vitamin, mineral, asam lemak esensial dan rendah lemak dan juga memiliki kandungan merkuri yang rendah. Ikan air laut sendiri memiliki kelebihan seperti kandungan protein, vitamin, mineral, asam lemak esensial yang tinggi dan juga rasa yang lebih sedap, tetapi tidak sedikit bisa menimbulkan risiko alergi pada beberapa orang selain itu penting untuk memperhatikan dan tidak mengonsumsi terlalu banyak karena bisa mengandung merkuri pada perairan tertentu. Jadi baiknya membatasi konsumsi ikan laut terus menerus.

Selain itu perhatikan juga kesegaran ikan yang dikonsumsi dan cara mengolahnya agar manfaat nutrisi ikan dapat dinikmati dengan baik. Upayakan tidak terlalu sering mengolah dengan menggoreng tetapi bisa juga dikukus, dijadikan sop ataupun dibuat menjadi berbagai olahan makanan dan kudapan. Periksakan juga diri secara berkala agar mengetahui kondisi kesehatan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelebihan vitamin C lebih mungkin terjadi dari konsumsi suplemen, bukan dari buah seperti jeruk

Risiko dan Efek Samping Kelebihan Vitamin C yang Tak Menyenangkan

Vitamin C menjadi vitamin yang populer, sehingga sering dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Walau memang sangat bermanfaat untuk tubuh, kelebihan vitamin C dapat menimbukan risiko tertentu. Apa saja risiko tersebut?