Pilek tidak kunjung sembuh dan berbau busuk

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, saya mau nanya kalo misalnya saya pilek dan gak sembuh-sembuh sudah 4 minggu gimana dok? Saya juga sering mencium bau busuk dan ingus saya sering berwarna gelap. Kadang juga saya merasa pening di pelipis atas hidung saya kalau ingusnya ingin keluar. Kira-kira ini disebabkan karena apa ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keluhan pilek yang tidak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu bisa disebabkan oleh :
  1. Sinusitis. Kelainan hidung ini akan menimbulkan keluhan pusing, nyeri di kedua pipi atau dahi, dan pilek terus menerus disertai dengan hidung yang berbau busuk.
  2. Rhinitis alergika.
  3. Polip hidung.
  4. Kanker nasofaring.

Yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukup istirahat, perbanyak konsumsi air putih, dan hindari cuaca dingin. Selain itu jaga kelembaban ruangan dengan memasang humidifier di ruangan, atau sediakan baskom berisi air panas dan hirup uap panasnya, gunakan masker saat aktivitas di luar ruangan.

Lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk memastikan penyebab pilek yang sedang Anda alami saat ini sehingga bisa ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh L
20 Nov 2019, 11:40
Sangat informatif, terima kasih dokter.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polip hidung dapat disebabkan oleh polusi udara

Polusi Udara Bisa Munculkan Polip Hidung? Ini Penjelasannya

Polusi udara dapat memicu asma yang, bila tidak segera diobati, dapat memunculkan benjolan di dalam hidung alias polip hidung. Penyakit polip hidung bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah mengonsumsi obat semprot.