15 Nov 2020, 21:05Pernapasan

Apakah pilek karena alergi bisa menular?

VH
Info Penanya: VH, Wanita, 29 Tahun
Mau tanya dok,,saya mengalami pilek selama 7 tahun gak kunjung sembuh,,dan sekarang anak saya yg umur 5 tahun juga mengalami nya,sudah 3 bulan anak saya pilek terus2n,apakah bisa jadi pilek saya menular ke anak saya?atau pilek turunan dari saya? Apa pilek di anak saya bisa disembuhkan?
1102 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore Kak VH.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan kakak,  semoga membantu :) Pilek adalah gejala dari suatu penyakit yang ditandai dengan hidung gatal, berair, tersumbat. Penyebab pilek ada beberapa antara lain :
  • Virus
  • Alergi 
  • Sinusitis
Saat kita pilek, harus dicaritahu terlebih dulu penyebabnya. Jika kakak susah mengalami pilek selama 7 tahun dan sekarang anak kakak VH juga mengalami hal yang sama. Gejala pilek yang kakak alami lebih mengarah ke alergi. Pilek karena alergi disebut rinitis alergica, ditandai dengan hidung berair, bersin-bersin, mata gatal, berair, dan merah. Keluhan ini berlangsung ketika ada suatu pencetus misalnya udara dingin atau saat pagi hari. Saat pencetus hilang maka keluhan yang dirasakan akan berkurang. Pilek karena alergi tidak menular tetapi dapat diturunkan (genetik).Lain halnya jika pilek disebabkan oleh virus yang biasa disebut influenza. Penyakit ini dapat menular melalui percikan air liur. Gejalanya hampir mirip dengan gejala alergi, namun pilek karena virus terjadi jika ada sumber infeksinya, seperti orang sekitar yang sedang batuk pilek dan gejala yang dirasakan berlangsung sekitar 1-2 minggu. Lendir yang keluar dari hidung berwarna kuning atau kehijauan.Pilek karena sinusitis dapat terjadi dengan gejala hidung yang tersumbat, pasien mencium aroma bau di dalam hidung, nyeri daerah sekitar wajah atau dahi, riwayat pilek lama.Saat ini yang bisa kakak VH lakukan, yaitu hindari pencetus yang menyebabkan pilek, misalnya jika pilek terjadi di pagi hari dengan kondisi udara dingin, pakai pakaian yang lebih hangat, dan minum air yang hangat. Selalu konsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup.Jika ada sesak nafas, yang ditandai dengan nafas cuping hidung, tarikan dinding dada, demam yang diikuti batuk pilek, segera datang ke dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut ya kak.Jika ada pertanyaan lagi yang ingin kakak tanyakan, atau jika ada tyang kurang jelas. Bisa ditanya kembali ya kak. Semoga jawaban dari saya membantu, dan semoga kakak dan anak segera sembuh. "Salam SehatDr. Lidya Hapsari" referensi lain :
sinusitispilekrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil