23 Dec 2020, 09:09Kepala

Pilek pada hari yang sama setiap minggunya

C
Info Penanya: C, Wanita0
pagi dok, saya selalu pilek seminggu sekali dan selalu terjadi pada hari yang sama setiap minggunya dan sudah berlangsung sekitar 4 bulan, ini terjadi karena apa ya dok?
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, CK.Pilek pada hari yang sama setiap minggunya kemungkinan besar mengarah ke rhinitis alergika. Perlu diperhatikan lebih lanjut apakah Anda memiliki aktivitas rutin yang selalu dilakukan pada hari tersebut. Sebagai contoh, misalnya pada hari tersebut Anda bepergian ke suatu tempat yang penuh dengan asap rokok. Atau, Anda bekerja di ruangan yang sama dengan filter pendingin ruangan yang mungkin saja kotor dan memicu gejala pilek.Penanganan rhinitis alergika adalah menghindari pencetusnya. Jadi, untuk sementara, Anda dapat mencoba melakukan hal yang berbeda pada hari tersebut. Misalnya Anda biasanya bekerja di dalam ruangan, coba bekerja di ruang terbuka yang memiliki udara segar. Atau, misalnya Anda menggunakan transportasi umum pada hari tersebut, coba gunakan kendaraan pribadi atau taksi.Tetapi, apabila aktivitas Anda pada hari tersebut sama dengan hari-hari lainnya, maka bisa saja kemunculan gejala tersebut di hari yang sama merupakan suatu kebetulan. Selain rhinitis alergika yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya, berikut beberapa penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala pilek:
  • infeksi saluran pernapasan akut
  • rhinitis vasomotor
  • polip nasi
  • sinusitis
Apabila ingin memastikan, Anda juga dapat memeriksakan diri secara langsung kepada dokter spesialis THT. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, kemudian penanganan akan disesuaikan dengan tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
polip hidungrhinitis non-alergirhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil