19 Oct 2020, 03:51Kepala

Pilek selama 2 tahun dan mata gatal

AN*
Info Penanya: AN*0
Pagi dok..saya mau tanya kenapa ya saya sering atau rentan sekali dengan pilek...dan tanda2 mau pilek antara lain yang saya alami yaitu :: lubang hidung serasa tebal atau mata serasa gatal,dan tidak kuat kena kipas angin serta cuaca dingin. Pilek ini udh sangat lama sekali saya alami hampir 2 tahun kiranya.
1664 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, AIP.Pilek selama dua tahun berturut-turut disertai dengan mata gatal saat terpapar udara dingin adalah ciri-ciri dari alergi. Selain kedua gejala tersebut, seseorang yang alergi dingin juga dapat mengalami ruam kulit atau biduran, gatal, bersin-bersin, ataupun hidung tersumbat apabila terpapar terus-menerus.Pada mereka yang memiliki alergi, disarankan untuk menjauhi pencetusnya sebisa mungkin. Pasalnya, obat-obatan antialergi hanya berfungsi menekan reaksi alergi sesaat, tapi tidak dapat mengobati penyebabnya. Jadi, berikut hal-hal yang dapat Anda coba lakukan apabila memiliki alergi dingin:
  • Menghindari udara dingin sebisa mungkin, termasuk penggunaan kipas angin
  • Menggunakan jaket, syal, dan sarung tangan dan membawanya kemanapun Anda pergi
  • Mengonsumsi probiotik, yang dapat menguatkan sistem imun dan mengurangi alergi
  • Saat reaksi alergi kambuh, hindari menggosok mata karena dapat memicu infeksi lanjutan
Pertimbangkan juga untuk melakukan tes alergi, agar mengetahui apakah ada alergi lain selain udara dingin. Pasalnya, seseorang dengan riwayat alergi akan memiliki lebih dari satu alergi. Apabila Anda mengetahui seluruh daftar alergi Anda, akan jauh lebih mudah untuk menjauhi pemicunya.Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter kulit. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergialergi dinginrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil