29 May 2020, 20:51Pernapasan

pilek dan batuk apakah bisa hilang sendiri?

KE
Info Penanya: KE, Pria, 20 Tahun
dokter saya umur 20tahun sekarang saya kondisi pilek dan batuk berdahak,tidak demam dan tidak sesak nafasapakah ini bisa hilang sendiri dok? dalam kondisi gini saya takut banget dikira yang aneh2dok obat supaya cepat menghilangkan dahak apa ya dok?
13541 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KE,Batuk dan pilek adalah gejala yang bisa timbul karena flu, infeksi saluran pernapasan, radang tenggorokan ataupun karena beberapa masalah pernapasan lain. Sering kali kondisi ini hanya merupakan common cold  saja yang bisa sembuh sendiri.Untuk meredakan gejala dan agar cepat fit bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Perbanyak istirahat
  • Makan makanan bernutrisi terutama sayur dan buah
  • Minum air putih lebih banyak
  • Mengonsumsi suplemen baik vitamin ataupun suplemen daya tahan tubuh
  • Bisa atasi gejala yang timbul dengan obat flu dan batuk bebas seperti guafenesin, pseudoefedrin ataupun antihistamin seperti chlorpheniramine maleat
  • Gunakan bahan alami untuk membantu meredakan gejala seperti konsumsi madu, kuah kaldu , berkumur air garam dan lainnya
Upayakan juga beberapa hal lain seperti tetap ada aktivitas fisik seperti olahraga ringan, mandi air hangat, hindari begadang, lakukan meditasi dan hindari stres agar membantu meningkatkan imunitas tubuh.Jaga perilaku hidup bersih dan sehat, lakukan pembatasan sosial dan pembatasan fisik, gunakan masker jika perlu keluar, dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas dan hindari menyentuh mata, hidung dan mulut jika belum mencuci tangan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
radang tenggorokaninfeksi saluran pernapasanflu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil