pilek dan batuk 2 hari pada anak tidak sembuh

SN Info Penanya: SN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya, anak saya usia 2th 3 bulan .. awalnya di pilek saya belikan obat hufa..rib 2 hari kemudian pilek ga sembuh muncul batuk. Saya bingung harus bagaimna mengobatinya. Batuk dulu atau pilek nya . Mohon bantuannya dokterTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SN

Batuk dan pilek dapat menjadi tanda adanya infeksi pada saluran nafas bagian anak. Penyebab batuk dan pilek biasanya akibat virus ataupun bakter. 

Pilek disertai batuk akibat virus biasanya mengeluarkan ingus jernih tidak kuning atau hijau. Sedangkan akibat bakteri biasanya disertai ingus hijau atau kuning. 

Anda telah memberi obat batuk pilek dan keluhan anak anda tidak sembuh, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Efek dari pilek dapat membuat infeksi turun dari hidung ke saluran nafas atas, jika terus berlangsung dapat memicu infeksi pada paru sehingga anak bisa saja menjadi sesak. Maka segera berkonsultasi dengan dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala paru-paru basah pada anak terlihat seperti kondisi umum, seperti batuk berdahak dan demam

Tidak Hanya Orang Dewasa, Anak-anak Juga Rentan Mengalami Paru-paru Basah

Bukan hanya pada orang dewasa, paru-paru basah juga bisa terjadi pada anak-anak. Gejala paru-paru basah pada anak terlihat seperti kondisi umum, yakni batuk berdahak, demam, dada sakit, hingga sesak napas. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus.