18 Dec 2020, 21:45Kandungan

Bagaimana penggunaan pil KB darurat yang benar?

OB
Info Penanya: OB, Wanita, 26 Tahun
Malam dok, saya Mau konsultasi cara saya memakai pil postinore. Saya baru minum pil postinore sekitar dua jam setelah berhubungan saya baru minum Pil yang pertama dok , Setelah itu 5 jam kemudian Saya Minum lagi Pil yang kedua dok Apakah Pilnya Bisa Berhasil gak dok ? Dan apakah cara minumnya Salah apa ga dok. ?
556 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, OBTerima kasih atas pertanyaannya.Postinor merupakan salah satu dari pil kontrasepsi darurat yang mengandung levonorgestrel.  Pil kontrasepsi ini memilki kandungan yang bekerja dengan menghambat pelepasan sel telur oleh indung telur sehingga tidak terjadi pembuahan ketika sperma masuk ke dalam rahim, mencegah sperma menembus rahim serta menghambat perlekatan sel telur pada dinding rahim.    Pil kontrasepsi ini hanya dilakukan saat keadaan darurat dan tidak dapat digunakan selayaknya pil KB umumnya. 

Pada beberapa wanita, pil ini dapat menimbulkan efek samping seperti :

  • Mual.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri atau kram yang lebih saat haid berikutnya.
  • Badan lemas.
  • Gangguan siklus haid.
Pil ini akan mencegah kehamilan hingga 95%  tergantung jenis pil dan penggunaan yang benar.  Dianjurkan pil kontrasepsi darurat diminum sesaat setelah berhubungan hingga 72 jam setelah berhubungan.  Hal ini terkait dengan yang ditanyakan, semakin cepat pil diminum maka efektivitasnya akan semakin tinggi dalam mencegah kehamilan.  Anda dapat memastikan kerja pil dengan tes kehamilan saat anda telat haid atau sebulan setelah berhubungan. Bila anda dan pasangan memang tidak berencana ingin punya anak, gunakan kondom atau kontrasepsi lain yang dapat menunda kehamilan seperti spiral, implant ataupun suntik.  Lakukan konsultasi dengan dokter atau bidan terdekat mengenai kontrasepsi yang sesuai. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penggunaan kbkontrasepsikeluarga berencana
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil