17 Mar 2021, 15:25Kandungan

Pil Kontrasepsi Darurat apa efeknya?

IS
Info Penanya: IS0
Dokter, saya datang bulan tanggal 7-11 maret. Tanggal 12 nya saya melakukan hb dengan suami, karna sedang ingin menunda kehamilan hari itu juga 2 jam setelah hb langsung minum 2 pil postpil. Awal gejala yang di rasa beberapa jam setelah minum pil postpil mengantuk pusing dan lemas, dan ada nyeri di payudara. Tanggal 17 maret pagi keluar bercak darah awalnya sedikit setelah berapa jam muncul bercaknya cukup banyak. Apakah itu efek samping dari pil postpil atau tanda awal kehamilan?
209 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore IS,Pil KB darurat adalah pil yang diminum untuk mencegah kehamilan. Sehingga sering digunakan oleh pasangan yang melewatkan jadwal KBnya namun sudah terlanjur berhubungan seksual. Obat ini cukup efektif mencegah kehamilan namun bukan obat penggugur kandungan. Obat ini perlu diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seksual dan maksimal sebelum 72 jam.Pil KB darurat ini terdiri dari 2 tablet yang perlu diminum dengan cara 1 tablet diminum sesegera mungkin dan tablet kedua diminum jarak 12 jam setelah tablet yang pertama. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan. Anda boleh meminum langsung 2 tablet namun seringkali muncul efek samping yang lebih berat, sehingga sebaiknya diberi jeda 12 jam tadi.

Efek samping pil KB darurat yang sering berupa:

  • Pusing.
  • Mual muntah.
  • Nyeri perut.
  • Perdarahan.
Keluhan yang Anda alami bisa saja terjadi akibat efek samping pil KB darurat yang Anda minum 2 tablet sekaligus. Karena seharusnya Anda tidak mungkin hamil karena Anda berhubungan seksual di luar masa subur dan 2 jam setelahnya langsung meminum pil KB darurat. Bila Anda siklusnya teratur maka berhubungan seksual di luar masa subur tidak akan menghasilkan kehamilan, sehingga Anda tidak perlu meminum pil KB darurat.Bila Anda tidak siap hamil maka sebaiknya gunakan KB seperti KB suntik, implan atau IUD untuk mencegah kehamilan karena Anda tidak bisa mengonsumsi pil KB darurat setiap kali Anda selesai berhubungan seksual. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemilihan KB yang tepat bagi Anda. Minum air putih yang banyak agar badan tidak lemas dan minum paracetamol bila perut Anda kram.Salam sehat,dr. Vina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil