Apa pil KB tidak disarankan pada penderita tumor jinak?

HS Info Penanya: HS, Wanita, 26 Tahun
Dok apakah benar pil KB tidak di sarankan apabila wanita memiliki tumor jinak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HS,

Tumor jinak adalah adanya benjolan ataupun massa yang tidak memiliki sel ganas, di mana tumor jinak sendiri ada beragam jenisnya dan juga bisa timbul hampir di semua lokasi tubuh. Salah satunya yang sering kali timbul adalah tumor jinak payudara yang disebut dengan fibroadenoma mammae dan tumor jinak di rahim atau disebut dengan mioma uteri.

Penggunaan pil KB sendiri tergantung dari jenis tumor jinak itu sendiri. Jika yang dialami adalah tumor jinak di rahim atau mioma uteri maka pil KB justru digunakan sebagai salah satu pengobatan yaitu terapi hormon untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan perdarahan terutama saat haid.

Memang pil KB dan kontrasepsi hormonal lain memiliki kemungkinan dapat meningkatkan risiko terjadinya keganasan jika digunakan lebih dari 5 tahun. Jadi jika ingin menggunakan KB dalam waktu singkat tidak apa menggunakan pil KB dan juga sambil ditangani tuor jinaknya. KB non hormonal juga bisa menjadi pilihan seperti misalnya menggunakan kondom.

Periksakan kondisi Anda pada dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan dan juga konsultasikan mengenai metode kontrasepsi yang tepat untuk Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB adalah alat kontrasepsi yang paling tepat untuk ibu menyusui

7 Pilihan Alat Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui

Anda bisa menjalankan metode menyusui sebagai pilihan untuk menjalankan keluarga berencana (KB). Namun, metode ini hanya efektif enam bulan setelah persalinan. Ada beberapa pilihan KB yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah Pil KB.