24 Aug 2021, 16:13Kandungan

cara minum Pil kb

NL
Info Penanya: NL0
Dok sy mau tanya...sy kn baru beli pil kb andalan...hari minggu sy haid trus kn minumnya yg wrna kuning hri minggu...trus stelah yg hari minggu, itu diminumnya kembali lg ke hari senin wrna kuning apa hrus beli lg dok.? Mohon sarannya?
80 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak diminati karena cukup mudah digunakan. Namun perlu diingat untuk minum pil KB tharus dilakukan secara rutin dan terjadwal di jam yang sama agar tidak terlewat waktu minumnya setiap hari. Banyak jenis alat kontarsepsi mulai dari kandungan hormon seperti pill KB, KB suntik, implant atau tanpa hormon seperti IUD dan kondom.

Konsumsi rutin pill KB

Pil KB itu berisi hormon yang berfungsi untuk mencegah kehamilan dan memerlukan waktu untuk bekerja sekitar 1 minggu sehingga jika diawal konsumsi pil KB, anda tetap perlu menggunakan proteksi ganda contohnya dengan melakukan ejakulasi diluar atau penggunaan kondom.Mengkonsumsi pil KB ada 2jenis yaitu yang berjumlah 28 hari dengan warna putih dan kuning. Atau pil KB yang berjumlah 21 hari dan hanya berwarna kuning. Cara minumnya, jika dikonsumsi mulai dari hari pertama haid konsumsilah mulai dari pil berwarna putih. Namun jika mulai minum saat sudah selesai haid konsumsi pill mulai dari yang berwarna kuning.Hindari lupa minum pil KB, karena akan menurunkan efek obat dan meningkatkan resiko kehamilan. Konsultasi ke dokter kandungan jika Anda lupa minum pil KB atau jika Anda ingin menggunakan pilihan lain seperti KB suntik setiap sebulan sekali atau 3 bulan sekali bila enggan minum pil KB setiap hari.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil