29 Jun 2021, 21:30Kandungan

Apa yang harus dilakukan saat lupa minum pil KB ?

IR
Info Penanya: IR0
Maaf mau tanya Tentang pil kb...sy lupa apakah sdh minum pil kb atau blm .jadi untuk memastikan sy minum 1 pil lg setelah nya Apakah tidak apa apa ya dok...
187 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, I.Pil KB adalah salah satu pilihan Ibu dalam mencegah kehamilan. Pil KB terdiri dari 2 jenis ada yang hanya mengandung satu hormon progeseteron saja, atau kombinasi hormon progesteron dengan esterogen. Ada pula pil KB yang berjumlah 21 biji, bahkan ada yang 28 biji dimana 7 tablet merupakan plasebo.

Apakah lupa minum pil KB, boleh langsung konsumsi pil KB kembali ?

Kelemahan pil KB yang membuat wanita malas mengkonsumsinya yaitu harus diminum setiap hari, di waktu yang sama. Ini akan memperbesar peluang untuk lupa minum pil KB sehingga terjadi kehamilan yang tidak Anda inginkan. Saat Anda lupa sudah atau belum minum pil KB, memang sebaiknya segera minum pil KB ulang saat itu juga.Walau sebenarnya Anda sudah minum pil KB sebelumnya, ini tidak mengapa. Karena jika benar-benar lupa minum pil KB, risiko untuk hamil besar. Bahkan saat wanita lupa minum pil KB selama 2 hari berturut-turut, wanita disarankan untuk segera mengkonsumsi 2 tablet sekaligus pada hari itu, dan 2 tablet lagi keesokkan harinya.Jika Anda merasa tidak nyaman dengan mengkonsumsi pil KB atau banyak efek samping yang dirasakan, Anda dapat memilih alat kontrasepsi lain seperti IUD. Konsultasi ke dokter kandungan untuk memiliki alat kontrasepsi yang tepat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil