09 Mar 2021, 21:08Kandungan

Bagiamana cara meminum pil KB yang benar ?

PS
Info Penanya: PS, Wanita, 24 Tahun
Hallo dokter, saya mau tanya. Jika saya minum pil kb andalan fe warna putih di hari pertama menstruasi. Lalu di bulan saat menstruasi ternyata belum sampai lagi di pil kb putih apakah saya harus langsung minum pil putih di hari pertama? Atau lanjut saja tanpa menghiraukannya? Terima kasih.
454 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, P.Menggunakan alat kontrasepsi dimana salah satunya adalah pil KB baik jenis kombinasi hormon progesteron dan esterogen atau berupa hormon progesteron saja, efektif dalam mencegah kehamilan jika meminum dengan cara yang benar dan waktu yang sama di setiap harinya.

Bagiamana cara meminum pil KB yang benar ?

Banyak jenis pil KB yang tersedia dan bebas Anda beli di apotek. Namun cara minum pil KB yang salah membuat peluang terjadinya kehamilan semakin besar. Pil KB andalan Fe yang Anda minum merupakan kombinasi hormon progesteron dan esterogen ditambah suplemen zat besi untuk mencegah anemia yang sering terjadi pada wanita. Pil KB andalan Fe ini terdiri dari 28 pil, dimana 7 pil placebo berwarna putih dan 21 pil KB mengandung hormon.Pil placebo diminum saat menstruasi berlangsung dan dilanjutkan dengan pil kuning. Namun jika dalam bulan yang sama pil KB belum habis namun Anda haid kembali, Anda bisa memulai menggunakan PIl KB yang baru untuk memudahkan penggunaan. Meminum pil KB secara teratur dan waktu yang sama, akan membuat siklus haid Anda menjadi teratur pula.Jika Anda lupa minum pil KB andalan Fe, segera minum saat itu juga. Jika Anda lupa dan baru ingat minum pil KB Andalan Fe di keesokan harinya, sebaiknya Anda mengkonsumsi 2 pil KB secara bersamaan. Jika Anda lupa minum Pil KB selama 2 hari secara berturut-turut, maka minum pil KB 2 tablet sekaligus di hari pertama, 2 tablet sekaligus dikeesokkan harinya. Jika lupa minum pil KB andalan Fe lebih dari 1 minggu, maka gunakan alat kontrasepsi kondom dan lakukan test pack segera jika mengalami telat datang bulan.Anda bisa konsultasi lebih mendalam tentang tata cara minum dan efek samping pil KB yang dapat ditimbulkan bersama dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil