20 Nov 2020, 23:07Kandungan

Cara minum pil KB

S
Info Penanya: S0
Dok saya mau tanya, kan saya baru pertama kali mengguna pil kb, nah saya meminum pil kb nya di hari ke 2 pada saat menstruasi, menstruasi saya hanya berlangsung selama 4 hari, nah pada saat menstruasi itu berhenti saya melakukan hubungan intim, apakah itu bisa menyebakan kehamilan atau tidak?
328 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo S,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Penggunaan alat kontrasepsi sebagai alat untuk menunda kehamilan ada berbagai macam, salah satunya pil KB. Pil KB merupaka KB dengan efektifitas yang tinggi jika dikonsumsi secara benar. Penggunaan pil KB yang harus setiap hari, dapat menyebabkan lupa sehingga kemungkinan untuk hamil menjadi lebih besar.

Cara minum pil KB

Ada 2 jenis pil KB yang ada, yaitu pil KB 21 hari dan pil KB 28 hari. Pil KB 21 hari, seluruhnya mengandung hormon, sedangkan Pil KB 28 hari, 21 hari mengandung hormon, dan 7 hari plasebo (obat kosong).Anda dapat meminum obat dari hari pertama haid, berdasarkan hari saat itu. Pil KB diminum tiap hari di jam yang sama. Jika Anda lupa mengkonsumsi pil KB, Anda dapat mengkonsumsi 2 pil sekaligus di hari yang sama.

Jenis Alat kontrasepsi

Selain Pil KB, ada beberapa jenis alat kontrasepsi lain, diantaranya :
  • IUD atau soiral
  • KB suntik
  • Implan
  • Kondom
Walau mempunyai efektifitas yang tinggi, namun pil KB tidak melindungi 100 % dalam mencegah kehamilan. Jadi kehamilan masih dapat terjadi.Jika setelah berhubungan intim Anda mengalami telat haid, dapat diikuti oleh tanda kehamilan yang lain, segera test pack menggunakan urin di pagi hari.Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk informasi yang lebih jauh.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari."
kehamilantes kesuburankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil