14 Jun 2020, 16:51Kandungan

Salah dalam mengkonsumsi pil KB, apakah bisa terjadi kehamilan?

DN
Info Penanya: DN, Wanita, 26 Tahun
Begini dok Saya melakukan hubungan dua hari stelah saya slesai haid tapi ejakulasi dluar.tapi setelah satu mggu sya minum pil kb tapi saya slah dok dluan saya mnum yang pil plasebo dan pas udh hbis satu mggu saya skrng mnum yg kuning itu.tapi mmg saya belum coba tespek tapi pinggang saya nyeri dan sya kdang mual dan pusing.itu gmna ya dok.kemngkinan tanda hamil atau efek pil kb itu dok?
19876 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, D.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi hormonal yang digunakan oleh banyak kaum ibu. 

Cara mengkonsumsi pil KB pertama

Ada cara mengkonsumsi pil KB pertama yang tepat dan benar tanpa memandang jenis pil KB yang digunakan, yaitu:
  • Metode hari pertama. Anda dapat mengkonsumsi pil KB pertama pada hari pertama Anda haid. Ini bisa dirasakan langsung efek mencegah kehamilan. 
  • Metode hari minggu. Anda mengkonsumsi pil KB di minggu pertama setelah menstruasi. Jika Anda ingin berhubungan intim, masih harus menggunakan kondom dulu selama tujuh hari ke depan agar tidak hamil. 
  • Metode memulai dengan cepat. Adan dapat mengkonsumsi pil KB pertama pada hari apapun. Namun, Anda masih harus menggunakan kondom saat hendak melakukan hubungan intim selama tujuh hari. 
  • Metode hari kelima. Anda dapat mengkonsumsi pil KB pertama saat di hari ke 5 haid. 
Dalam mengkonsumsi pil KB selanjutnya (setelah pil KB pertama), Anda harus memperhatikan jenis pil KB yang digunakan (progestin atau kombinasi). Yang Anda gunakan saat ini adalah pil KB kombinasi paket 28 hari. Pada pil KB kombinasi 28 hari, terdapat pil KB plasebo yang artinya pil tersebut tidak mengandung hormon. Pil KB ini hanya berfungsi sebagai pengingat untuk kebiasaan mengkonsumsi pil KB sembari melanjutkan paket pil KB yang baru. Terkait dengan kondisi Anda ini, Anda melakukan kesalahan saat mengkonsumsi pil KB dan Anda tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks. Sehingga ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Namun untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan testpack terlebih dahulu. Karena ada beberapa kemungkinan yang tejadi terkait dengan gejala yang Anda alami ini. Bisa itu berupa tanda memasuki siklus haid, tanda kehamilan, atau bisa juga efek samping dari pil KB. Salam sehat, dr. Ester
kehamilanpenggunaan kbtest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil