29 Jul 2020, 19:11Kandungan

Sering mengalami sakit payudara dan pinggang, apakah hamil?

RK
Info Penanya: RK, Pria, 21 Tahun
Selamat malam dok Saya mau bertanya Pasangan saya sering memgalai sakit pada payudara dan pingan tetapi setelah satu minggu menggalami sakit pada payudara dan keluar darah dari vagina setelah darahnya keluar pasangan saya tidak mengalai sakit pada payudara dan pinggang.apakah itu tanda tanda kehamilan???
7780 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RK,Sakit pada payudara dan pinggang adalah gejala yang kerap dialami wanita. Kondisi dan gejala yang dialami biasanya bisa kamuh dan timbul setiap bulannya atau pada moment tertentu. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa penyebab seperti misalnya:
  • Karena perubahan hormonal menjelang menstruasi atau dikenal sebagai premenstrual syndrome
  • Karena adanya masalah pada payudara seperti benjolan payudara, kista payudara, infeksi kelenjar payudara
  • Karena masalah organ reproduksi jika ditandai adanya perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Karena tanda awal kehamilan
Jika sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual dan terjadi perdarahan tetapi hanya flek dan tidak deras seperti menstruasi, ada baiknya bisa diperhatikan dan dilakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat testpack. Jika tidak ada riwayat hubungan seksual maka apa yang dialami pasangan Anda merupakan hal yang normal. Tetapi jika nyeri yang dialami mengganggu keseharianya maka perlu diperhatikan dan diperiksakan.Bisa juga mengubah gaya hidup agar lebih sehat terutama perlu rutin berolahraga dan istirahat serta makan dengan baik. Jika timbul nyeri payudara bisa kompres dengan air hangat atau minum pereda nyeri seperti parasetamol, lakukan pemeriksaan payudara sendiri, dan jika ada benjolan agar segera diperiksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilanmenstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil