Sering mengalami sakit payudara dan pinggang, apakah hamil?

RK Info Penanya: RK, Pria, 21 Tahun
Selamat malam dokSaya mau bertanya Pasangan saya sering memgalai sakit pada payudara dan pingan tetapi setelah satu minggu menggalami sakit pada payudara dan keluar darah dari vagina setelah darahnya keluar pasangan saya tidak mengalai sakit pada payudara dan pinggang.apakah itu tanda tanda kehamilan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RK,

Sakit pada payudara dan pinggang adalah gejala yang kerap dialami wanita. Kondisi dan gejala yang dialami biasanya bisa kamuh dan timbul setiap bulannya atau pada moment tertentu. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa penyebab seperti misalnya:

  • Karena perubahan hormonal menjelang menstruasi atau dikenal sebagai premenstrual syndrome
  • Karena adanya masalah pada payudara seperti benjolan payudara, kista payudara, infeksi kelenjar payudara
  • Karena masalah organ reproduksi jika ditandai adanya perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Karena tanda awal kehamilan

Jika sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual dan terjadi perdarahan tetapi hanya flek dan tidak deras seperti menstruasi, ada baiknya bisa diperhatikan dan dilakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat testpack. 

Jika tidak ada riwayat hubungan seksual maka apa yang dialami pasangan Anda merupakan hal yang normal. Tetapi jika nyeri yang dialami mengganggu keseharianya maka perlu diperhatikan dan diperiksakan.

Bisa juga mengubah gaya hidup agar lebih sehat terutama perlu rutin berolahraga dan istirahat serta makan dengan baik. Jika timbul nyeri payudara bisa kompres dengan air hangat atau minum pereda nyeri seperti parasetamol, lakukan pemeriksaan payudara sendiri, dan jika ada benjolan agar segera diperiksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat nyeri haid yang bisa dibeli di apotek

Pilihan Obat Nyeri Haid yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Obat nyeri haid yang ampuh saat ini sudah dapat Anda beli sendiri di apotek tanpa resep dari dokter. Umumnya, obat jenis ini masuk ke dalam golongan obat OAINS.