19 May 2021, 04:39Psikologi

Bagaimana mengatasi pemikiran yang negatif?

AA
Info Penanya: AA0
Bukan merasa, orang disekitar mengetahui isi pikiran saya, pas di cek ke dokter kejiwaan saya normal , ini membuat saya stres, depresi hingga keluar dari kerjaan, hanya keluarga dan orang terdekat saya saja yg tidak mengetahui, ini sudah setahun kejadian nya dan masih berlangsung,
174 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, AATerima kasih atas pertanyaannya.Perasaan seperti orang membicarakan, mengetahui isi pikiran, atau bahkan ingin mencelakai padahal itu tidak terjadi dapat terjadi karena overthinking.  Overthinking ini semakin lama akan membuat energi negatif sehingga akan terus berprasangka kurang baik terhadap orang lain dan diri sendiri.  Pikiran negatif ini juga dapat terbentuk dari sekumpulan emosi yang terpendam baik marah, sedih, kecewa, bahagia. 

Beberapa cara untuk mengurangi pemikiran negatif :

  • Mengalihkan dengan lakukan aktivitas positif sehingga membuat pikiran sibuk sehingga sudah tidak ada waktu lagi untuk berpikir yang tidak pentung dan negatif.
  • Bersosialisasi dengan keluarga dan teman terdekat untuk saling bertukar pikiran juga pendapat sehingga tidak hanya dipendam sendiri.
  • Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan secara fisik tetapi juga meningkatkan kesehatan mental.
  • Setiap pagi berkaca di cermin dan mengucapkan kata-kata positif untuk membantu meningkatkan energi positif dalam diri sendiri.  
Jika setelah pemeriksaan kejiwaan anda tidak masalah maka seharusnya membuat anda tenang karena ternyata mental masih baik hanya perlu mengalihkan pikiran-pikiran yang negatif saja.  Bila hal ini tidak membuat anda tenang coba lakukan terapi konseling dengan psikolog ya mungkin saja dapat membantu menenangkan pikiran dari hal-hal negatif.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
gangguan mentalkesehatan mentalgangguan psikologisberpikir positif
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil