Pikiran selalu tidak tenang dan tips yang dapat dilakukan

RH Info Penanya: RH, Pria, 37 Tahun
Dokter pikiran saya selalu tidak tenang apa ni gejala sakit dan apa tipsnya agar fikiran kita tetap enjoy..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RH

Terimakasih atas pertanyaannya,

Setiap manusia pasti memiliki kekhawatiran akan masalah di dalam hidupnya, yang mengakibatkan pikiran tidak tenang atau kecemasan yang kemudian berpengaruh terhadap emosi dan perilaku. Namun, umumnya hal tersebut berlangsung singkat dan tidak memberikan dampak besar terhadap kehidupan sosial, aktivitas sehari-hari ataupun pekerjaan. Apabila hal ini berlangsung lama atau menetap, serta berdampak negatif terhadap aktivitas sehari-hari, hubungan sosial dan pekerjaan, mungkin memerlukan perhatian dan penanganan lebih lanjut.

Salah satu kondisi psikologis yang menimbulkan keluhan pikiran tidak tenang adalah gangguan cemas. Penyebab gangguan kecemasan sendiri terjadi saat respons yang dirasakan tidak sesuai dengan apa yang biasanya terjadi saat kondisi tersebut berlangsung. American Psychological Association (APA) mengatakan, seseorang dengan tingkat gangguan kecemasan ini memiliki rasa khawatir atau pikiran yang mengganggu dan terus berulang.

Berikut saya lampirkan artikel gangguan kecemasan agar Anda mengetahui gejala gangguan kecemasan yang normal dan yang memang membutuhkan perhatian medis.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menangani pikiran yang tidak tenang dan rasa cemas,

  • Olahraga secara teratur untuk meningkatkan hormon endorfin (hormon yang memberikan efek senang)
  • Istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan yang sehat
  • Mempelajari cara mengelola stress 
  • Berbagi dengan orang lain saat mempunyai masalah
  • Meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang anda minati
  • Lebih mendekatkan diri dengan Tuhan

Jika keadaan ini berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Psikolog atau Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan berkumpul bersama teman-teman dekat, Anda bisa menghindari post-holiday blues.

Post-Holiday Blues Saat Liburan Selesai, Begini Cara Mengatasinya

Post-holiday blues rentan dirasakan orang-orang setelah berlibur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Salah satu cara mengatasinya adalah melakukan me time.